oleh

21 Napi Rutan Lhoksukon Dipindah ke Banda Aceh

-Aceh-45 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Sebanyak 21 Narapidana (Napi)  Rumah Tahanan Negera (Rutan) Cabang Lhoksukon dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II A8 di Lambaro, Banda Aceh, Sabtu (3/11). Mereka dipindah karena jumlah narapidana di Rutan itu sudah melebihi kapasitas.

“Semuanya yang dipindah ada 21 orang. Mereka adalah narapidana dari beberapa kasus, ada narkoba dan umum. Pemindahannya berjalan lancar dan turut dikawal ketat personel Polres Aceh Utara,” kata Kepala Rutan Lhoksukon, Yusnal, kepada Penanegeri.com usai pemindahan narapidana tersebut.

Yusnal mengatakan, para narapidana tersebut dipindahkan karena kondisi Rutan Lhoksukon saat ini sudah tergolong over kapasitas (melebihi jumlah kapasitas). Setelah 21 Narapidana dipindah, kini sisa narapidana di Rutan tersebut 423 orang.

“Yang sisanya ini (juga masih) over kapasitas. Tiap bulan kita buang. Kita pindah. Bukan berarti kita buang karena ada kesalahan. Kita pilih, ada juga yang pelanggaran berat satu atau tiga orang. Ada juga yang membuat pelanggaran, kita pindah juga untuk mengurangi over kapasitas,” sebut Yusnal.

Baca Juga  Lupa Matikan Kompor, 1 Unit Rumah di Aceh Utara Terbakar

Lenih lanjut ia menjelaskan, pemindahan narapidana dalam tahun ini kerap dilakukan. Sebelumnya juga ada dipindahkan ke Lapas Kelas II B Kota Langsa sebanyak 6 kali dan 3 kali ke Banda Aceh.

“Kita berharap kasus-kasus kecil jangan sampai ke ranah hukum, ke Polisi. Contoh misalnya kasus keributan pelayanan di kampung, ya diselesaikan di kampung saja. Orang-orang (kena saraf) suka ngintip orang, lalu ketahuan diamuk massa, seperti di Bayu itu ada 7 orang masuk kemari (Rutan). Sebaiknya kan diselesaikan di desa hal-hal kayak gitu,” tandas Yusnal.

Komentar

Berita Terbaru