oleh

5 Doktor Daftar Balon Rektor IAIN Langsa

-Aceh-249 views

PENANEGERI, Langsa – Sebanyak 5 orang Doktoral (S3) akademisi mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon (Balon) Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Zawiyah Cot Kala Langsa periode 2019 – 2023.

Ketua Panitia penerimaan pendaftaran bakal calon (Balon) Rektor IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, Drs. H. Ibnu Sakdan, M.Pd yang juga Kepala Biro IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, Jumat (26/10) mengatakan, 5 Doktoral yang mendaftar merupakan tokoh akademisi yang telah memiliki kelayakan untuk menjadi pimpinan di IAIN Langsa.

Disebutkannya, Doktoral yang telah mendaftar sampai batas akhir pendaftaran yakni Jumat, 26 Oktober 2018 adalah dari UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Dr. A. Rani Usman, M. Si, Warek I IAIN Langsa, Dr. H. Basri Ibrahim, Dekan Fakultas Ekonomi Islam IAIN Langsa, Dr. Iskandar Budiman, M.CL, Warek III IAIN Langsa, Dr. Zainuddin, MA, dan Direktur Pascasarjana IAIN Langsa, Dr. Mohd, Nasir, MA.

Dijelaskannya, dalam penjaringan bakal calon Rektor IAIN Langsa ini ada beberapa tahapan yang dilakukan oleh panitia sejak 5 Oktober 2018 lalu. Dimana pada tahapan awal telah dilakukan penerbitan pengumuman dan sosialisasi penjariangan bakal calon Rektor ke seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) di seluruh Indonesia sampai 12 Oktober 2018.

Baca Juga  KOPAZKA Apresiasi Panitia Penjaringan Balon Rektor IAIN Langsa

Lanjutnya, tahap kedua dari proses penjaringan ini melakukan penerimaan pendaftaran bakal calon oleh para doktoral yang dimulai sejak 15 – 26 Oktober 2018. Dimana dari tahapan yang sudah dilakukan, sampai pada hari terakhir (kemarin_red) bakal calon yang mendaftar dan menyerahkan berkas berjumlah 5 orang.

“Selanjutnya kita akan klarifikasi dan memverifikasi serta menilai kelengkapan persyaratan berkas para bakal calon Rektor yang telah masuk. Hasil penetapan bakal calon yang lulus persyaratan administrasi nantinya akan kita serahkan kepada Rektor IAIN Langsa untuk dibawa dalam rapat senat,” papar Ibnu Sakdan.

Tambahnya, hasil rapat senat tersebut nantinya akan diserahkan kepada Komisi Seleksi Calon Rektor IAIN Langsa Kementerian Agama di Jakarta untuk proses uji kepatutan dan kelayakan. Semua calon Rektor yang telah ditetapkan dalam rapat senat perguruan tinggi akan mempresentasikan visi dan misi di depan Komisi Seleksi.

“Kita berharap siapapun yang akan ditetapkan sebagai Rektor IAIN Langsa periode 2019 – 2023 nantinya adalah yang terbaik bagi IAIN Langsa. Kita sebagai panitia lokal hanya melakukan proses penjaringan, sementara penilaian kelayakan dan kepatutan atau fit and propertest adalah kewenangan komisi seleksi Kemenang RI,” pungkas Ibnu Sakdan.

Komentar

Berita Terbaru