oleh

5 Fakta Tentang Film Dilan 1990 yang Dipuja Banyak Remaja

PENANEGERI, Film – Meski hampir dua bulan berlalu, nama Dilan masih sering disebut oleh warga Indonesia khususnya para remaja. Bagi yang sudah tahu pasti tidak asing lagi dan tahu alasannya kenapa Dilan begitu populer di Indonesia. Nah, bagi yang belum tau, Dilan ini adalah nama tokoh dalam film dengan judul sama.

Dilan 1990 ini adalah film yang diadaptasi dari novel karya Pidi Baiq. Novel ini termasuk novel best seller di Indonesia karena banyak kata-kata dalam novel itu yang menurut para remaja sangat romantis.

Tak pelak, banyak remaja yang mengidolakan sosok Dilan ini dan menunggu filmnya rilis. Film Dilan sendiri telah tayang di bioskop Indonesia tanggal 25 Januari 2018 lalu.

Sebelum dirilis, film Dilan ini sudah sangat ramai diperbincangkan. Mulai dari pemilihan cast hingga munculnya trailer Dilan di Youtube tanggal 13 Desember 2017 yang menampilkan sosok Iqbaal CJR dan Vanesha sebagai tokoh utama, netizen sudah bergerak aktif dalam berkomentar.

Inilah Fakta Tentang Dilan 1990 Pujaan Banyak Remaja Indonesia

Diadaptasi dari Novel Best Seller Karya Pidi Baiq

Seperti yang disebutkan di atas, film Dilan ini diangkat dari novel berjudu ‘Dilan: Dia adalah Dilanku Tahun 1990′. Novel ini telah nangkring di rak best seller toko buku seluruh Indonesia selama beberapa bulan.

Novel karya Pidi Baiq ini terdiri dari 3 seri yang menceritakan kisah anak SMA antara Dilan dan Milea dengan tutur bahasa khas anak muda tahun ’90-an.

Banyak Puisi dan Kutipan Menarik

Daya tarik novel best seller ini memang ada pada puisi dan kutipan menarik yang sering diucapkan oleh Dilan. Remaja zaman sekarang sering menyebarkan kutipan-kutipan Dilan itu hingga novel Dilan makin terkenal dan menjadi viral.

Ketika novel ini divisualisasikan ke dalam film, tentu kutipan yang puitis ini sangat dinanti penggemarnya. Bahkan ada yang menyandingkan Dilan ini seperti Rangga dalam film AADC.

Dilan adalah Kisah Nyata

Banyak yang penasaran dengan siapakah sosok Dilan ini. Apakah Dilan dan Milea hanya fiktif atau ada sosok yang nyata? Orang mana? Bahkan penulisnya sendiri, Pidi Baiq sampai diduga sebagai sosok asli dari Dilan.

Namun terakhir kali Pidi Baiq memberi konfirmasi bahwa Dilan adalah tokoh nyata, orang Bandung, dan kisahnya pun nyata. Pidi Baiq melanjutkan bahwa dia mendapatkan kisah Dilan ini dari sosok Milea.

Dalam penggarapan film Dilan ini, sebisa mungkin segala hal dibuat semirip dengan kisah nyata dan novelnya. Oleh karenanya setting tempatnya dilakukan di Bandung.

Pro-Kontra Sosok Dilan pada Iqbaal

Semenjak diumumkannya cast yang memerankan tokoh dalam film Dilan ini, netizen sudah mulai aktif membuka suara. Banyak yang tidak menyetujui keputusan Iqbaal untuk memerankan tokoh Dilan.

Menurut beberapa pihak, Iqbaal dianggap terlalu imut untuk menjadi Dilan yang digambarkan sebagai cowok nakal di sekolahan. Banyak penggemar Dilan yang menyerukan kekecewaan atas keputusan itu lewat cuitan di Twitter pada Pidi Baiq.

Banyak Meme Tentang Dilan di Jagat Maya

Bahkan sebelum film Dilan ini resmi rilis di bioskop, sudah banyak meme yang tersebar di dunia maya. Meme itu bersumber dari trailer yang dikeluarkan dengan parodi-parodi kocak oleh banyak pihak. Satu cuplikan yang sangat populer di dunia maya adalah ketika Dilan merayu Milea di dalam angkot.

Itulah fakta-fakta mengenai film Dilan yang sangat beken dan sangat remaja.

Komentar

Berita Terbaru