oleh

8 Oknum Bobotoh Jadi Tersangka karena Mengeroyok Haringga Sirila Jakmania hingga Tewas

PENANEGERI, Bandung – Kepolisian Polrestabes Bandung telah menetapkan delapan orang oknum Bobotoh suporter pendukung Persib sebagai tersangka pengeroyok suporter pendukung Persija, Haringga Sirila (23) hingga korban tewas mengenaskan.

Kedelapan orang ini ditangkap setelah polisi mengamankan lima orang oknum Bobotoh usai insiden terjadi di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (23/9).

Polisi melakukan pengembangan dan menangkap 16 (enambelas) orang, kemudian dari 16 orang itu ditetapkan 8 (delapan) orang menjadi tersangka.

“16 orang yang sudah diamankan, 8 orang diantaranya sudah ditetapkan sebagai tersangka,” ujar Kasat Reskrim Polrestabes Bandung AKBP M. Yoris Maulana, di Mapolres Bandung, Kota Bandung, Senin (24/9/2018).

Delapan tersangka merupakan warga kota Bandung dan juga ada yang berasal dari luar kota Bandung.

“Kedelapan orang ini rata-rata warga Kota Bandung tapi ada juga yang di luar Kota Bandung,” ujar Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP M Yoris Maulana di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Senin (24/9/2018).

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Bandung Ajun Komisaris Besar M Yoris Maulana mengatakan, delapan tersangka pengeroyokan suporter Persija itu ditetapkan pasca kejadian penganiayaan yang berlangsung di area parkir Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Para tersangka, yaitu Budiman (41), Goni Abdulrahman (20), Cepy Gunawan (20), Aditya Anggara (19), Dadang Supriatna (19), Joko Susilo (31), SM (17), dan DF (16).

Para tersangka ini dijerat Pasal 170 KUH Pidana karena terbukti melakukan penganiayaan secara bersama-sama yang mengakibatkan korban meninggal dunia secara mengenaskan.

“Sampai saat ini terhadap pelaku masih dilakukan penyidikan di Satreksrim guna mempertanggungjawabkan perbuatannya,” kata AKBP Yoris di Mapolrestabes Bandung, Senin (24/9/2018).

AKBP Yoris menjelaskan, sejumlah pelaku ditangkap di TKP. Polisi kemudian melakukan pengembangan hingga menangkap pelaku lainnya.

“Pada saat itu, lima orang ditangkap di TKP. Satreskrim kemudian membuat tim melakukan pengembangan sehingga tertangkap 16 orang. Delapan ditetapkan tersangka,” ujar dia.

Kedelapan tersangka itu terlihat dalam video yang viral menganiaya Haringga tanpa ampun hingga korban tewas mengenaskan.

“Para pelaku menganiaya berkali-kali. Ada menggunakan tangan sampai alat. Dengan kaki juga,” ucap Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP M Yoris Maulana di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Senin (24/9/2018).

Kedelapan pelaku ini, kata AKBP Yoris menganiaya secara bersama-sama. Ada yang memukul, menendang hingga menganiaya dengan alat.

“Ada yang menggunakan helm, kaca, balok dan besi,” jelasnya.

Kedelapan tersangka tersebut menganiaya Haringga di gerbang biru Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung sebelum laga Persib Bandung melawan Persija Jakarta digelar.

Insiden penganiayaan itu terjadi hari Minggu (23/9) sekitar pukul 13.00 WIB, saat bobotoh melakukan sweeping dan massa kemudian melakukan pengeroyokan terhadap Haringga hingga korban yang hanya sendirian kemudian tewas di tempat dengan keadaan yang mengenaskan.

Kejadian tewasnya suporter Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, ini terjadi pada Minggu (23/9/2018), sekira pukul 13.00 WIB.

Korban tewas Haringga Sirila (23) merupakan warga Kelurahan Cengkareng Timur Kecamatan Cengkareng Kota Jakarta Barat. (**)

Videonya membuat Miris,  :

Komentar

Berita Terbaru