oleh

80 Persen Narapidana di Rutan Bireuen Tersangkut Kasus Narkoba

PENANEGERI, Bireuen – Sejauh ini narapidana di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Cabang Bireuen mencapai 269 orang, 74 orang merupakan tahanan dari kepolisian, kejaksaan dan tahanan hakim.

Dari jumlah itu, 80 pesen diantaranya terlibat dan tersangkut kasus narkoba, sementara 20 persen terlibat kasus lainnya.

Kepala Cabang Rutan Bireuen, Sofyan SH kepada wartawan, Jumat (2/11) mengaku, kalau dilaihat dari jumlah itu, maka Rutan Bireuen sudah mengalami kelebihan kapasitas tampung bagi napi dan tahanan.

“Hingga saat ini daya tampung di Rutan Bireuen hanya berkapasitas 85 orang, akibatnya fasilitas tempat tidur terpaksa digunakan ruang mushalla,” katanya.

Kendati demikian, tambah Sofyan, pihaknya tetap mengupayakan agar setiap ruangan tahanan tetap harus rapi, bersih sehingga para napi sehat dan damai didalam Rutan.

“Dari jumlah 343 orang napi dan tahanan, 246 merupakan kalangan laki-laki, 8 diantaranya perempuan dan masih menjalani hukuman satu tahun ke atas.

Lalu, 11 orang merupakan tahanan polisi, 7 tahanan dari kejaksaan, 41 tahanan hakim, 6 tahanan banding, 10 tahanan kasasi dan 9 tahanan terjerat kasus lainnya,” tandas Sofyan.

Komentar

Berita Terbaru