oleh

Abu Vulkanik Letusan Gunung Sinabung Hujani Aceh Tamiang 

PENANEGERI, Aceh Tamiang – Akibat meletusnya Gunung Sinabung di Tanah Karo, Provinsi Sumatera Utara pada Senin (19/2) pagi, sejumlah wilayah di Kabupaten Aceh Tamiang terkena dampak abu vulkanik .

Hujan abu disertai pasir tersebut dikabarkan sudah melanda dua kecamatan di Aceh Tamiang, yakni Kecamatan Tenggulun dan Tamiang Hulu. Permukiman penduduk, kantor pemerintahan dan lahan pertanian warga di wilayah hulu itu diselimuti abu yang jatuh dari langit. Akibatnya, aktivitas warga di daerah itu jadi terganggu bahkan lumpuh total.

Camat Tamiang Hulu, Iman Suhery kepada awak media, Senin (19/2) sore mengatakan, sebanyak Sembilan desa di Kecamatan Tamiang Hulu semuanya terkena dampak hujan abu. Guguran abu vulkanik erupsi Gunung Sinabung muncul sekitar pukul 14.00 WIB dan sempat membuat warga panik, karena mereka belum mengerti asal abu dari mana.

Abu Vulkanik

Akibat bencana kiriman dari Gunung Sinabung tersebut, Muspika Tamiang Hulu bersama pihak medis dari Puskesmas setempat bergerak cepat membagi-bagikan masker kepada warga.

“Masker ini sebagai langkah awal untuk pencegahan ispa,” ujar Camat Iman Suhery saat mengecek kondisi warganya.

Masker, sambung Camat Tamiang Hulu, dibagikan kepada seluruh masyarakat dan pengguna jalan yang melintas. Meski demikian kebutuhan akan masker mengalami kekurangan sehingga harus dipasok dari Dinas Kesehatan Kabupaten.

“Jumlah warga dari Sembilan desa di Tamiang Hulu mencapai 19.000 jiwa, sedangkan persedian masker dari Puskesmas hanya 15.000 helai, sehingga kita minta tambah kepada Dinkes Aceh Tamiang sekitar 14.000 helai lagi dan sudah kita bagikan,” jelasnya.

Selain membagikan masker, pihaknya juga telah memberikan sosialisasi kepada warga dan dianjurkan tidak keluar rumah terutama bagi yang memiliki anak kecil, sampai dampak hujan abu benar-benar reda.

Abu Vulkanik

“Dampak abu bercampur pasir sangat membahayakan, terutama terhadap anak kecil, sehingga perlu disosialisasikan. Ada dua tim sosialisasi sudah turun ke desa-desa, untuk kecamatan Tamiang Hulu seluruh desa terdampak abu itu, semua perangkat desa sudah melaporkan kepada saya,” tambah Camat yang akrab di sapa Bayu itu.

Semantara itu, salah seorang anggota TNI AD di wilayah setempat mengatakan, selain di Tamiang Hulu, intensitas abu vulkanik juga turun di KecamatanTenggulun. Kendati demikian, kegiatan rutinitas masyarakat sekitar masih normal dan belum ada tanda-tanda akan mengungsi.

“Saat ini anggota Koramil di wilayah Kecamatan Tenggulun sudah membagikan masker kepada masyarakat untuk mencegah timbulnya penyakit saluran pernapasan yang disebabkan dari abu tersebut,” katanya.

Komentar

Berita Terbaru