oleh

Acheh Future : Jangan Sampai Masyarakat Pecah Gara-gara Dana Desa

-Aceh-38 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Kepala Desa di Kabupaten Aceh Utara diminta untuk mengelola dana desa dengan baik sesuai juknis. Hal tersebut disampaikan Ketua LSM Acheh Future (AF) Razali Yusuf menanggapi banyaknya laporan tentang penyalahgunaan dana tersebut akhir-akhir ini.

“Dalam kurun waktu setahun terakhir, kita banyak menerima laporan dari sejumlah masyarakat tentang dugaan penyalahgunaan dana desa. Rata-rata kasus ini terjadi akibat ketidakterbukaan pihak kepala desa dalam mengelolanya,” kata Razali Yusuf dalam konferensi pers di Pantonlabu, Sabtu (3/11).

Razali Yusuf berharap, Polri yang kini telah memiliki MoU dengan Kemendes dalam hal pengawasan dana desa agar meningkatkan partisipasinya untuk mengontrol dan memberi nasihat kepada kepala desa agar tidak terjadi kesalahpahaman antar masyarakat.

“Siapa yang melapor, siapa yang dilapor, kita tidak perlu menyebut di sini. Yang penting mereka (kepala desa) harus menjadikan hal tersebut sebagai peringatan. Harus ada perubahan, jangan sampai gara-gara dana desa terjadi perpecahan di tingkat desa. Ini yang sangat kita harapkan,” tutur Ketua LSM Acheh Future.

Baca Juga  Panen Raya, Harga Rambutan di Aceh Utara Terjun Bebas

Untuk diketahui, saat ini Pemerintah Kabupaten Aceh Utara melalui Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) telah merealisasikan Alokasi Dana Desa (ADG) tahap ke III tahun 2018 untuk 449 desa dari total 852 desa di Aceh Utara. Dana tersebut berjumlah Rp 12, 6 Miliar dan diharapkan dapat dikelola dengan baik sesuai juknisnya.

Komentar

Berita Terbaru