oleh

Antipasi Banjir, Warga Ulee Gle Makmur Bireuen Butuh Saluran

PENANEGERI, Bireuen – Akibat tidak adanya saluran pembuangan, areal sawah dan pemukiman warga di kawasan Ulee Gle, Kecamatan Makmur, Kabupaten Bireuen sering terendam banjir, terutama saat musim penghujan.

Selain gagal panen padi di sawah, kondisi itu juga berimbas terhadap badan jalan di depan Puskesmas yang selalu tergenang air dan sulit dilalui warga.

Camat Makmur, Azmi S.Ag didampingi Danramil Kapten Inf M Gade serta Kapolsek Iptu Yusroni serta ketua Asosiasi keuchik, Syarifuddin meninjau langsung ke lokasi tersebut.

“Guna mengantisipasi genangan air yang terjadi setiap musim penghujan, maka dibutuhkan saluran sehingga akses air bisa keluar ke arah utara puskesmas,” katanya kepada Penanegeri.com, Sabtu (6/10).

Menyangkut pembangunan saluran ini, tambah Azmi maka kita harus dipotong badan jalan, arah sebelah timur pagar puskesmas, sehingga tidak terjadi genangan air di kawasan pukesmas.

Untuk menanggulangi hal ini, kita sangat berharap kepada Pemerintah Kabupaten Bireuen dapat menangani permasalahan, agar dibangunnya saluran dan jalan didepan puskesmas.

“Bila ini bisa tertanggulangi, maka tanaman padi petani di Ulee Gle, Makmur ini tidak lagi terendam, dan bisa memetik hasilnya setiap tahunnya,” jelasnya.

Nada yang sama juga dikatakan Danramil Makmur, Kapten Inf M Gade Menurutnya kondisi ini sudah kerap melanda kawasan itu akibat saluran pembuangan terlalu kecil, sehingga debit air yang keluar sedikit.

“Untuk mananggulangi hal ini, kita perlu membuat gorong- gorong dengan membongkar jalan menghindari genangan air,” tandas Danramil itu.

Komentar

Berita Terbaru