oleh

Apresiasi ACIRAF 2018, Kemenpar RI Sebut Rapa’i Warisan Indatu

-Aceh-42 views

PENANEGERI, Lhokseumawe – Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpan RI) mengapresiasi acara Aceh Internasional Rapa’i Festival (ACIRAF 2018) yang digelar di Stadion Tunas Bangsa, Senin (5/11) malam.

Perwakilan Kemenpar RI, Tasbir mengucapkan selamat kepada Kota Lhokseumawe karena telah berhasil menyelenggarakan acara kebudayaan berstandar Internasional.

“Kemenpar apresiasi kepada Kota Lhokseumawe yang telah berani menggelar acara bergengsi seperti ini. Banyak daerah-daerah yang berlomba membuat acara serupa demi memajukan kebudayaannya,” ungkap Tasbir.

Ia menjelaskan bahwa festival Rapa’i kini menjadi  salah satu dari 100 event nasional. Bukan hanya Rapa’i, sebelumnya telah banyak kesenian Aceh yang mendunia seperti Tari Saman, Tari Seudati, Tari Ratoeh Jaroe yang baru-baru ini dibawakan pada Opening Ceremony Asian Games 2018.

“Rapa’i adalah aset, warisan Indatu (warisan nenek moyang,red) yang memiliki sejarah untuk Aceh. Sudah menjadi tanggungjawab generasi muda untuk melestarikannya. Saat ini, hampir seluruh sekolah yang ada di kota besar di Indonesia mempelajari seni budaya Aceh, jangan sampai anak Aceh sendiri ketinggalan dan tak mengenal budaya nenek moyangnya,” papar Tasbir dihadapan ratusan warga Kota Lhokseumawe.

Baca Juga  Pengendara Sepeda Motor Tersambar Kereta Api Cut Meutia

Menurutnya, acara seperti ini diharapkan mampu menggerakkan potensi wisata. Tidak hanya festival seni, potensi wisata juga dapat ditingkatkan melalui tempat-tempat pariwisata di Kota Lhoseumawe, seperti pantai Ujong Blang, Bukit Goa Jepang dan sebagainya.

Komentar

Berita Terbaru