oleh

Banjir Landa Belasan Desa di Aceh Utara

-Aceh-19 views

PENANEGERI, Aceh Utara – Banjir melanda belasan desa di Kabupaten Aceh Utara sejak tadi pagi akibat meluapnya sungai Keurutoe. Ribuan rumah terendam, namun warga dilaporkan masih bertahan di rumah masing-masing.

Kepala Polres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin kepada wartawan mengatakan, banjir yang melanda 17 desa di wilayah Kecamatan Matangkuli merupakan banjir kiriman, diperparah hujan lokal dalam sepekan terakhir.

“Itu merupakan banjir kiriman dari kabupaten tetangga melalui sungai Keurutoe, diperparah hujan lokal yang akhir-akhir ini kerap mengguyur Aceh Utara,” kata Ian Rizkian, seperti dituturkan Kapolsek Matangkuli Iptu Sudiya Karya, Rabu (17/10).

Menurut Sudiya Karya, ketinggian air di pemukiman penduduk saat ini bervariasi, antara 50 hingga 100 sentimeter.

Dia juga mengatakan, sejauh ini masyarakat yang menjadi korban masih bertahan di rumah masing-masing. Meski demikian, pihaknya bersama TNI dan BPBD serta SAR daerah itu terus memantau kondisi terkini.

“Kita terus memantau kondisi terkini, siapa tahu sewaktu-waktu banjir bertambah, sehingga akan lebih cepat diberi pertolongan kepada warga, terutama untuk segera dievakuasi,” jelasnya.

Baca Juga  Puluhan Rumah di Geudong Terendam Banjir

Adapun desa-desa yang dilaporkan terendam tersebut seperti Desa Alue Thoe, Ceubrek, Pante Pirak, Munye Pirak, Siren, Lawang, Hagu, Meuria, Mee, Tanjong Tgk Ali, Punti Matangkuli, Trieng Teupin Keube, Teupin Keube, Parang IX, Leubok, Blang, Tanjung Haji Muda.

Camat setempat, Zulkifli mengatakan, pihaknya juga sejak pagi tadi juga sudah terjun ke lokasi untuk mengamati banjir tersebut guna mendata jumlah desa yang terkena imbas.

Komentar

Berita Terbaru