oleh

Bersiap, Akan Dibuka Lowongan CPNS tahun 2018

PENANEGERI, Jakarta – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) telah mengusulkan jumlah formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan dibuka di tahun 2018.

Jumlah 150 ribu hingga 250 ribu posisi akan diperebutkan oleh para calon pelamar, sementara untuk kepastian jumlahnya masih menunggu kajian kementerian keuangan dan Kemenpan RB.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB, Herman Suryatman, mengatakan untuk saat ini pihaknya masih melakukan validasi data usulan formasi dari setiap instansi yang ada.

“Validasi ini diharapkan bulan Januari ini sudah masuk di kami. Bila sudah masuk, maka Menteri PAN-RB (Asman Abnur) akan melakukan pendalaman untuk menentukan berapa jumlah formasi yang diberikan,” kata Herman Kamis (28/12) lalu.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB, Herman Suryatman menjelaskan, bila semua validasi itu selesai pada bulan Januari mendatang, maka dirinya memperkirakan pada bulan Maret 2018 pemerintah sudah bisa menetapkan formasi yang dibutuhkan dan mengumumkan pembukaan lowongan CPNS kepada masyarakat.

Baca Juga  Belum Ada Penetapan Formasi CPNS

“Bulan Januari harus tuntas, sehinga Febuari-Maret bisa kita tindak lanjuti (umumkan). Setelah diumumkan, ditetapkan formasi, baru masuk ke proses seleksi pengadaan,” kata Herman.

Lebih lanjut dia mengatakan, setiap kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah (Pemda) bisa membuka lowongan penerimaan CPNS, melihat dari kebutuhan obyektif serta kemampuan fiskal setiap instansi tersebut.

Dibukanya lowongan tersebut guna memenuhi 50-60 persen formasi yang ditinggalkan sebanyak 220 ribu PNS yang memasuki masa pensiun pada periode 2017-2018.

Rencananya, formasi CPNS 2018 yang dibuka meliputi kementerian dan lembaga (KL) pemerintah pusat serta formasi untuk pemerintah daerah.

Untuk pemerintahan daerah, penerimaan CPNS akan disesuaikan dengan usulan bupati dan gubernur sesuai dengan kompetensi bidang apa saja yang ingin dikembangkan di daerah.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB RI, Herman Suryatman mengatakan, pihaknya masih memvalidasi data usulan formasi dari setiap instansi.

Selanjutnya, Kementerian PAN-RB RI akan menetapkan formasi yang dibutuhkan dan mengumumkan pembukaan lowongan CPNS kepada masyarakat.

Baca Juga  Pendaftaran CPNS 2018 Rencananya Dibuka Akhir Juli di Website sscn.bkn.go.id sebagai Website Resmi Daftar CPNS 2018

Bagi yang tak lulus tes CPNS pada tahun lalu, bisa mendaftar lagi pada tahun ini. (*)

Komentar

Berita Terbaru