oleh

BKSDA Terima Buaya Berusia 90 Tahun Tangkapan Warga Seruway

-Aceh-32 views

PENANEGERI, Langsa – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort 12 Langsa menerima seekor buaya berusia 90 tahun dari Forkopimcam Seruway yang berasal dari tangkapan warga Desa Gelung, Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang, Selasa (30/4) lalu.

Kepala Seksi (Kasi) Konservasi Wilayah I BKSDA Aceh, Dedi Irvansyah kepada Penanegeri.com, Rabu (2/5) membenarkan Forkopimcam Seruway telah menyerahkan seekor buaya kepada KSDA Resort 12 Langsa untuk di amankan dan meminta untuk dievakuasi.

Dedi menjelaskan, hasil pelaksanaan evakuasi oleh Resort 12 Kota Langsa, terkait penangkapan buaya muara di kebun sawit masyarakat di Desa Gelung, Kecamatan Sruway, Aceh Tamiang pada tiitk kordinat N.4.22’46,94. E.98.12’42,49 merupakan seekor buaya muara yang sedang berusaha memangsa seekor kambing, kemudian oleh warga di jerat dan ditangkap.

“Setelah diteliti, buaya muara yang ditangkap masyarakat itu berjenis kelamin jantan, berukuran panjang 5 meter, dengan bobot 900 kg dan berumur sekitar 90 tahun,” terang Dedi.

Untuk relis (dilepas) ke alam, lanjut Dedi, KSDA Resort 12 Langsa tidak ada lokasi untuk melepaskan buaya tersebut. Jika tetap dilepas ke alam, dikhawatirkan akan kembali dijumpai oleh masyarakat dan berada di sekitar pemukiman warga.

Baca Juga  Lebih Seminggu Tergenang Air, Jalan Negara di Aceh Tamiang Tak Kunjung di Dipedulikan

“Sehingga buaya hasil tangkapan warga Gelung, Seruway masih dievakuasi sementara di hutan lindung Kota Langsa,” tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, seekor buaya ditangkap warga di lahan kebun sawit milik Wak Yang tepatnya di Gampong Gelung, Kecamatan Seruway, Aceh Tamiang, Senin (30/4), sekitar pukul 15.30 WIB.

Penangkapan buaya itu diawali saat salah seorang warga, Mansur dan beberapa temannya sedang memetik atau pemanenan buah kelapa sawit. Lalu, mereka melihat ada seekor buaya yang sedang berada di dalam parit di areal perkebunan kelapa sawit tersebut.

Melihat itu, Mansur dibantu warga bergegas menangkap buaya itu secara beramai-ramai dengan menggunakan peralatan seadanya.

Komentar

Berita Terbaru