oleh

BNN Kota Lhokseumawe Rangkul Aparatur Desa Berantas Narkoba

-Aceh-34 views

PENANEGERI, Lhokseumawe – BNN Kota Lhokseumawe mengajak seluruh aparatur desa di Kecamatan Muara Dua, untuk ikut serta berperan aktif dalam memberantas narkoba, Rabu (3/10).

Aparatur desa yang terdiri dari para Keuchik dan Tuha Peut serta jajarannya dibekali materi tentang Strategi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Kepala BNN Kota Lhokseumawe AKBP Fakhrurrozi, SH mengatakan, peran serta masyarakat sangat dibutuhkan dalam mengambil langkah-langkah melalui kebijakan dan strategi di bidang P4GN yang di implementasi melalui Rencana Aksi, serta dibiayai APBN dan APBD sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan

“Keterbatasan sumber daya yang dimiliki negara juga menyebabkan BNN tidak dapat bekerja sendiri dalam upaya pencegahan dan pemberantasan narkoba di Indonesia,” paparnya.

Oleh karena itu, sambung Fakhrurrozi, dibutuhkan peran aktif dari seluruh komponen masyarakat salah satunya para pemuka desa.

Dikesempatan yang sama, Praktisi Sosiolog Dr. Nirzalin, M.Si menyampaikan bahwa Aceh dalam konteks Nasional menjadi salah satu wilayah transit narkoba di Indonesia.

“Pasca konflik tidak banyak lapangan kerja sehingga tingginya angka pengangguran dan kemiskinan. Ini menjadi problem sosial dan ekonomi terbesar sehingga narkoba menjadi bisnis prakmatis,” ungkapnya.

Maka, menurut Dr Nirzalin, solusi yang harus di lakukan adalah dengan membangun ketahan ekonomi masyarakat secara kolektif.

Komentar

Berita Terbaru