oleh

BPJS Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang Lakukan Spot Sampling

PENANEGERI, Aceh Tamiang – Dalam upaya memastikan data kepersertaan sudah sesuai dengan kepemilikan kartu JKN-KIS, BPJS Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang lakukan spot sampling ke rumah warga.

Salah seorang warga Desa Tanjung Karang, Kecamatan Karang Baru, Aceh Tamiang, Murjianto, Kamis (27/9) mengaku sangat senang didatangi oleh pihak BPJS Kesehatan.

“Saya sangat senang dikunjungi oleh pihak BPJS Kesehatan, jadi saya bisa tanya-tanya tentang program JKN-KIS. Apalagi sudah lama saya ingin berkunjung ke kantor BPJS Kesehatan tapi belum ada kesempatan,” ucapnya.

Selain itu, dirinya juga berterima kasih kepada BPJS Kesehatan yang telah menjamin pengobatan selama ini. Dirinya sudah lama menderita hipertensi sehingga membutuhkan obat yang rutin dan jika bayar sendiri sangat berat.

Staf BPJS Kesehatan Kabupaten Aceh Tamiang, Cecep Syaifullah, yang melakukan spot sampling, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa memang benar nomor kepesertaan yang terdaftar sesuai dengan pemiliknya di lapangan.

“Kita memastikan kartu ini telah berada pada end user atau ditangan yang berhak,” paparnya.

Baca Juga  Punya Keluhan di Faskes, Adukan ke Aplikasi SIPP

Lanjutnya, apabila masih ditemukan kartu yang tidak sesuai dengan data yang ada pada master file BPJS Kesehatan atau belum tersistemasi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK), kita akan segera menindaklanjutinya mengingat ini akan berpengaruh kepada akses pelayanan kesehatannya dikemudian hari.

Seperti diketahui, Aceh merupakan salah satu daerah yang sudah mencapai Universal Health Coverage (UHC) dengan adanya program pemerintah daerah yang disebut Jaminan Kesehatan Aceh (JKA).

“Hal tersebut yang membuat kita harus sering turun kelapangan untuk memastikan tidak adanya kendala yang terjadi,” tutupnya.

Komentar

Berita Terbaru