oleh

Buaya Besar yang Muncul di Dermaga Pondok Dayung Berhasil Ditembak

PENANEGERI, Jakarta- Peristiwa mengejutkan terjadi saat seekor buaya besar berukuran sekira panjang 2,5 meter sempat muncul di sekitar Dermaga Sunda Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (14/6) sore.

Berdasarkan informasi dari Penjagaan TNI AL Pondok Dayung, bahwa pada hari Kamis, 14 Juni 2018 pukul 17.48 aparat telah melihat buaya di Dermaga Sunda Pondok Dayung.

Buaya besar tersebut kemudian sempat pula muncul kembali pada hari Jumat (15/6) pagi dan sempat ditembak oleh aparat, namun demikian buaya yang berukuran cukup besar itu diduga masih hidup, meski telah ditembak.
Karena meski telah ditembak, buaya besar itu berhasil masuk lagi ke dalam air.

Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) Letkol Laut (P) Agung Nugroho mengatakan buaya sepanjang 2,5 meter itu sempat muncul kembali sekitar pukul 06.30 WIB tadi pagi.

“Buaya tersebut sempat ditembak dan kena bagian belakang kepala. Namun setelah itu buaya tenggelam dan sampai sekarang masih dilakukan penyisiran,” ungkap Letkol Agung, pada Jumat (15/6) kepada wartawan.

Untuk itu aparat telah membentuk tim pemburu khususnya Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) dengan menggunakan perahu karet serta senjata laras panjang.

Kemunculan buaya tersebut adalah untuk pertama kalinya.

Peristiwa ini juga sudah diinformasikan kepada instansi terkait yang ada di kawasan pelabuhan dan dermaga.

“Jadi kita sudah informasikan, ini untuk antisipasi bahaya munculnya buaya di lokasi lain,” tuturnya.

Belum diketahui kondisi buaya yang berhasil ditembak.

“Belum (dipastikan kondisinya, red) karena pada saat ditembak terkena bagian belakang kepala langsung tenggelam,” imbuhnya.

Karena itu tim masih melakukan penyisiran. Anggota Satuan Komando Pasukan Katak (Satpaska) menyisir menggunakan perahu dengan dilengkapi senjata. Koordinasi dengan pihak terkait di antaranya Polairud dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) juga dilakukan.

Belum diketahui dari mana asal munculnya buaya pada sekitar pukul 17.30 WIB, Kamis (14/6). Kejadian ini juga baru pertama kali terjadi di kawasan Pondok Dayung.

“Ini memang kejadian pertama kali, sebelumnya tidak pernah ada. Mau ada banjir, mau ada rob, tidak pernah ada,” kata dia.

Sangat kecil kemungkinan buaya itu mendekati kawasan Ancol,  pihak Ancol memastikan kawasan pantai tetap aman karena terdapat jaring pengamanan, juga pengamanan penjaga pantai life guard selama 24 jam penuh

Selain itu area perairan Pondok Dayung juga terisolasi dengan umum dan berjarak sekitar 6 km dari pantai Ancol.  Ancol memberlakukan standar pengamanan sesuai prosedur. (*)

Simak Video Viralnya saat munculnya buaya muara itu :

Komentar

Berita Terbaru