oleh

Buaya Kembali Ditangkap di Seruway, BKSDA Aceh Minta Masyarakat Waspada

PENANEGERI, Langsa – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, mengimbau kepada masyarakat Kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang untuk berhati-hati serta waspada terhadap buaya.

Pasalnya, selama ini sering kali masyarakat menemukan buaya-buaya diwilayah kecamatan tersebut. Seperti, hari ini (Sabtu) warga kembali menemukan seokor buaya” sebut Kepala Seksi Konservasi wilayah I BKSDA Aceh, Dedi Irvansyah kepada Penanageri.com, Sabtu (14/7).

Menurutnya, ada beberapa tempat di Kecamatan Seruway menjadi habitat buaya, untuk itu masyarakat berhati-hati terhadap buaya muara tersebut.

“Jika ada melihat buaya-buaya itu, maka warga diminta untuk segera melapor kepada petugas,” pintanya.

Katanya, buaya yang ditangkap warga tersebut untuk sementara kita amankan di BKSDA Langsa.

“Kita belum tau, buaya itu akan ditempatkan dimana, karena belum ada petunjuk dari pimpinan BKSDA Aceh,” ungkapnya.

Seruway

Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Zulhir Destrian, SIK melalui Kapolsek Seruway, Ipda Muhammad Rizal, kepada Penanegeri.com membenarkan bahwa warga kembali berhasil menangkap seekor buaya betina dengan panjang sekitar 3 meter di perkebunan sawit PT. Parasawita, Desa Perkebunan Seruway.

Baca Juga  Tim Gabungan Polres Aceh Tamiang Tangkap Tiga Tersangka Beserta 108 Pil Ekstasi

Buaya itu terperangkap oleh jeratan yang dipasang Susriadi warga setempat, sekitar satu minggu yang lalu. Setelah melihat seekor buaya terjerat oleh perangkatnya, Susriadi pun langsung memanggil empat orang temannya untuk mengamankan buaya itu dengan cara diikat.

Kapolsek menerangkan, Susriadi dan temannya sengaja memasang jeratan itu, karena selama ini mereka sering melihat buaya di kebun sawit milik PT Parasawita, untuk mencari mangsa atau makanan.

Setelah Buaya berhasil diamankan, kemudian Sursriadi melaporkan kepada Datuk Penghulu, Muhamman dan selanjutnya melaporkannya ke Bhabinkamtibmas Polsek Seruway, Brigadir Dony Rahman.

Kemudian, Brigadir Dony Rahman, menghubungi dirinya. Atas laporan itu, Ia pun sekira pukul 07.43 WIB menghubungi dan berkordinasi dengan pihak BKSD Aceh untuk mengambil langkah-langkah selanjutnya.

“Sekitar pukul 11.15 WIB, tim BKSDA dari Langsa yang berjumlah 3 orang datang ke lokasi dan tak lama kemudian membawa buaya itu ke Langsa,” tutupnya.

Komentar

Berita Terbaru