oleh

Buka Jalur Investasi, FSG Tegaskan Liverpool Tidak Dijual

PENANEGERI, Sepakbola – Pemilik Liverpool, Fenway Sports Group, masih terbuka untuk investor baru tetapi tetap teguh dalam pendiriannya bahwa klub tersebut tidak akan dijual.

Beberapa rumor menyebar mengatakan bahwa telah muncul tawaran sebesar £ 2 miliar dari Sheik Khaled Bin Zayed al-Nehayan yang berbasis di Abu Dhabi, merupakan sepupu pemilik Manchester City, Sheik Mansour, seperti dilansir Daily Mail beberapa waktu lalu.

Namun, Press Association Sport memahami bahwa minat salah satu dari sejumlah pendekatan yang telah diterima FSG dalam beberapa tahun terakhir, tidak melewati tahap pemeriksaan karena dianggap tidak kredibel atau tidak layak untuk diserahkan kepada kepemilikan klub.

“FSG telah menjelaskan dan konsisten, klub ini tidak akan dijual,” demikian pernyataan Liverpool seperti dilansir melalui situs resmi mereka, Selasa (28/8).

“Tetapi apa yang dikatakan oleh kepemilikan, sekali lagi secara jelas dan konsisten, adalah bahwa di bawah syarat dan ketentuan yang benar kami akan mempertimbangkan untuk mengambil investor minoritas, jika kemitraan semacam itu adalah untuk memajukan kepentingan komersial kami di pasar tertentu dan sejalan dengan kelanjutannya, pengembangan dan pertumbuhan klub dan tim, maka kami akan membuka celah tanpa mengubah struktur besar dari internal,” sambung pernyataan tersebut.

FSG telah melihat bagaimana Manchester City, terlepas dari dukungan pemilik yang merupakan miliarder, membuka diri untuk peluang investasi yang menguntungkan setelah mereka menjual 13% saham ke konsorsium China pada tahun 2015 seharga £ 265 juta.

FSG pun menggunakan jasa dari bank investasi yang berbasis di New York Allen & Company untuk memeriksa dan menyaring bunga yang diterima dan pendekatan ini tidak berbeda.

Namun, menjadi jelas bahwa bunga itu tidak layak karena bukti dana tidak datang, yang berarti pendekatan tidak pernah melewati tahap diskusi dengan bank dan proposal tidak diajukan kepada pemilik utama (FSG, John Henry) dan tokoh-tokoh kunci lainnya seperti Tom Werner (ketua Liverpool) dan Mike Gordon (presiden FSG).

FSG telah berinvestasi secara signifikan di klub sejak pembelian senilai £ 300 juta pada bulan Oktober 2010, dengan pembangunan kembali sebesar £ 115 juta dari Main Anfield, komitmen £ 50 juta untuk membangun tempat pelatihan baru, mengamankan jasa Jürgen Klopp pada kontrak enam tahun di 2016 dan musim panas ini telah menghabiskan £ 170 juta untuk transfer.

Komentar

Berita Terbaru