oleh

Bupati Amru : Informasi yang Keluar dari Humas Harus Bisa Dipertanggungjawabkan

PENANEGERI, Gayo Lues – Bupati Gayo Lues, H Muhammad Amru menegaskan, informasi yang keluar dari Humas harus bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Penegasan itu disampaikan Bupati, saat memimpin rapat koordinasi Kehumasan bersama Instansi Vertikal dan Horizontal dilingkungan Pemkab Gayo Lues, yang digelar di Ofroom Setdakab setempat, Selasa (30/10).

Terlebih sampai Amru, salah satu fungsi kehumasan sebagai filter terhadap berita yang keluar dari Pemerintah Daerah Gayo Lues.

“Kita harus memahami, perkembangan jurnalistik saat ini sangat berbeda jauh, jika dibandingkan saat saya menjadi wartawan. Hal itu akibat kemajuan tehnologi dan alat komunikasi, sehingga, siapa saja bisa berperan sebagai wartawan. Pun demikian, berita yang ditayangkan belum tentu kebenarannya,” urainya.

Oleh sebab itu tambahnya, Humas harus bisa menjadi satu-satunya pintu yang melansir setiap berita dari Pemerintah Daerah.

“SKPK boleh membuat berita tentang kegiatan di Dinasnya, tetapi, rilisnya diserahkan ke Humas, guna menyaring dan merilis serta menyebarkannya. Hal ini untuk menghindari informasi yang tidak jelas, seperti yang pernah terjadi beberapa waktu lalu, surat yang belum memiliki tanggal dan stempel sudah beredar, sehingga masyarakat menjadi salah persepsi,” tegas Amru.

Baca Juga  Pemadam Bawa Air Bersih Ke Masjid Jamik Kutapanjang

Selain itu, Bupati juga menyoroti Iklan dari tiap-tiap Dinas, untuk lebih mengutamakan media yang resmi alias media yang sudah memenuhi syarat sebagai media dan sudah berbadan hukum PT, memiliki NPWP dan SIUP serta persyaratan lainnya yang diatur Dewan Pers.

“Untuk media yang tidak resmi tidak perlu di layani. Kemudian, jangan sampai penerbitan iklan di Media, menjadi penebus kesalahan dari dinas yang bersangkutan,” pungkasnya.

Hadir dalam rapat itu, Kasdim 0113 Gayo Lues, para Asisten dan staf ahli Bupati Gayo Lues, Kabag Ops Polres Gayo Lues, para Kepala SKPK, Camat serta perwakilan Instansi Vertikal.

Komentar

Berita Terbaru