oleh

Bupati Sri Wahyumi Maria Manalip, dari Kepulauan Talaud Dinonaktifkan Tiga Bulan

PENANEGERI, Sulawesi Utara – Sri Wahyumi Manalip, Bupati Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara dinonaktifkan sementara sebagai Bupati.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Indonesia telah menerbitkan Surat Keputusan (SK) pemberhentian sementara kepada Bupati Sri Wahyumi Manalip (SWM).

Pemberhentian sementara ini dilakukan sebagai konsekuensi yang diterapkan kepada SWM karena dianggap melakukan perjalanan ke Amerika Serikat tanpa izin Mendagri.

Penghentian ini tercantum dalam Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 131.71-17 tahun 2018 yang ditetapkan pada 5 Januari 2018. Sri Wahyumi disebutkan melakukan perjalanan ke Amerika Serikat sejak 20 Oktober 2017 hingga 13 November 2017 tanpa izin Menteri Dalam Negeri.

Sri Wahyumi dinyatakan melangar Pasal 77 ayat 2 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang menegaskan kepala daerah yang melakukan kunjunga ke luar negeri harus mengantongi izin Mendagri.

“Sebagaimana diatur dalam Pasal 76 ayat 1 huruf (i) UU Pemerintahan Daerah, dikenai sanksi pemberhentian sementara selama tiga bulan oleh presiden untuk gubernur/wakil gubernur, dan oleh menteri untuk bupati dan wakil bupati atau wali kota dan wakil wali kota.” Bunyi surat tersebut.

Baca Juga  Gadjah Puteh Kritik Mursil Agar Bersabar Menjadi Bupati Aceh Tamiang

Dalam surat itu Sri Wahyumi diberhentikan selama tiga bulan terhitung sejak surat tersebut ditetapkan. Surat itu juga menyebutkan Wakil Bupati Talaud Petrus Simon Tuange ditunjuk sebagai pelaksana tugas Bupati.

Sebelumnya juga diterangkan berdasarkan Surat pernyataan Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sulut tanggal 12 Desember 2017 Sri Wahyumi Manalip melakukan perjalanan ke Amerika Serikat (20/1-13/11) tahun 2017 tanpa izin Mendagri.

Sehingga keluarlah surat Mendagri yang memberhentikan sementara Sri Wahyumi Manalip dari jabatannya sebagai Bupati Talaud, masa jabatan Tahun 2014-2019 selama tiga bulan terhitung sejak tanggal ditetapkan.

Hal ini setelah keluar Surat keputusan yang ditandatangani Menteri Dalam Negeri (Kemendagri) nomor 131.71-17 tahun 2018 itu menerangkan tentang pemberhentian sementara Bupati Kepulauan Talaud.

Jemmy Kuemendong, Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Pemprov Sulut mengatakan sudah menerima surat keputusan soal pemberhentian sementara Bupati Talaud.

“Surat keputusannya sudah ada nanti besok akan diserahkan ke Bupati,” ujarnya, Kamis (11/1).

Bupati Sri Wahyumi Manalip yang berparas cantik ini dinonaktifkan sementara, setelah dia mengadakan perjalanan ke luar negeri, ke Amerika ternyata tak dilengkapi surat izin ke Kementerian Dalam Negeri.

Baca Juga  Gadjah Puteh Kritik Mursil Agar Bersabar Menjadi Bupati Aceh Tamiang

Tim Kemendagri pun kemudian turun untuk menyelidiki kasus ini, hingga kemudian turun keputusan Pemerintah Pusat untuk menonaktifkan sementara selama tiga bulan pada Bupati Sri Wahyumi Manalip. (*)

Komentar

Berita Terbaru