oleh

Deklarasi Pemilu Damai di Bireuen, Saifannur : Pemilu Nanti Jangan Ada Politik Uang

PENANEGERI, Bireuen – Komisi Independen Pemilihan (KIP) dan Pemerintah Kabupaten Bireuen sukses mengelar deklarasi kampanye damai berintegritas yang berlangsung, di halaman Pendopo setempat, Minggu (23/9).

Kegiatan itu juga ditandai dengan penandatanganan pakta pemilu aman dan damai tersebut dihadiri unsur Partai Politik (Parpol), peserta pemilu 2019 serta ratusan calon anggota legislatif.

Bupati Bireuen, H Saifannur S,Sos dalam arahannya mengatakan, pemilu 2019 merupakan agenda nasional, dan patut didukung bersama demi pembangunan daerah serta harus ikut menyukseskan, berpartisipasi dalam pesta demokrasi tersebut.

Menurut Saifannur, pemilu harus berlangsung umum, bebas, rahasia, jujur, adil dan kepada seluruh aparatur pemerintahan untuk tetap netral dalam pemilu 2019 mendatang.

“Nanti pada pemilu kita harapkan jangan ada money politik (politik uang) serta fitnah. Kepada caleg agar dapat menjauhi sifat iri, dengki serta kebencian serta harus dapat jaga persatuan,” katanya.

Sebelumnya ketua KIP Bireuen, Agusni SP MSi dalam laporannya mengatakan, deklarasi yang digelar secara serentak seluruh Indonesia bertemakan “Indonesia menolak hoax politisasi sara dan politik uang”.

Baca Juga  SSB Bijeh Mata Bireuen Gagal ke Tingkat Nasional di Bandung

Dijelaskannya, deklarasi kampanye damai berintegritas dan damai ini digelar karena tahapan pemilu 2019 serta masa kampanye akan dimulai 23 September 2018 sampai 13 April 2019 mendatang.

Disini, tambah Agusni kami tetap mengajak seluruh partai politik dan calon legislatif, juru kampaye guna menghindari tentang hal-hal yang tidak diinginkan dan didengar, terhadap  berita hoax kampanye hitam atau fitnah.

“Pemilu tahun 2019 nanti, kita yakin, kita bisa beranjak dari pemilu elektoral dan prosedural pemilu yang substantif yang mengedepankan gagasan-gagasan dan ide yang lebih cemerlang,” sebutnya.

Deklarasi tersebut turut hadir Wakil Bupati Bireuen, Dr. H. Muzakkar A Gani SH M.Si, Sekda Bireuen Ir Zulkifli SP, Kapolres Bireuen AKBP Riza Yulianto SE SH, Dandim 0111/Bireuen  Letkol Inf Amrul Huda SE, M.M M.Sc, unsur Forkopimda, Paswaslu Bireuen, MPU, Penyelenggara Pemilu, LSM dan Ormas.

Selanjutnya deklarasi  tersebut juga diisi dengan pembacaan ikrar dan penandatangan prasasti Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019 serta pelepasan burung merpati.

Komentar

Berita Terbaru