oleh

Dendang Anak Malaysia Meriahkan Panggung ACIRAF 2018

PENANEGERI, Lhokseumawe – Grup seni musik Melayu asal Negeri Jiran Malaysia, Dendang Anak turut memeriahkan acara pembukaan Aceh Internasional Rapa’i Festival (ACIRAF) 2018, di Stadion Tunas Bangsa Lhokseumawe, Senin (5/11) malam.

Dendang Anak merupakan salah satu delegasi luar negeri ACIRAF 2018. Adapun delegasi luar negeri lainnya yaitu Mastani Thai Percussion dari Thailand, dan Tabla Percussion dari India.

Pada kesempatan itu grup Dendang Anak membawakan syair-syair Melayu bernuansa Islami. Terlihat para penonton menikmati penampilan syair yang diiringi musik gambus oleh grup tersebut.

Perwakilan grup Dendang Anak, Mio Yazid kepada Penanegeri.com, Senin (5/11) malam mengungkapkan, sangat senang dapat menjadi bagian dalam acara ACIRAF 2018. Ia dan 19 rekannya telah mendapat kesempatan tampil memperkenalkan seni Melayu dihadapan masyarakat Lhokseumawe, Aceh.

Ditanya tentang alat musik Rapa’i, dirinya mengaku baru mengenal alat musik tersebut ketika sudah tiba di Aceh.

“Tidak tahu Rapa’i, tahu Rapa’i bila sampai di sini. Di Malaysia tak ada alat musik Rapa’i, yang hanya ada sejenis gendang dan jidor,” papar Yazid.

Baca Juga  Polisi Ringkus Intel Kodim Gadungan di Lhokseumawe 

Menurutnya, acara ACIRAF 2018 merupakan sebuah perjuangan dalam melestarikan seni budaya Aceh, khususnya Rapa’i. Setiap daerah memiliki khas kebudayaan masing-masing, seperti Malaysia dan Indonesia yang serumpun namun berbeda kebudayaannya.

Komentar

Berita Terbaru