oleh

Dewan SDA Aceh Rekomendasikan Pengembalian Status Hutan Lindung Kemuning

-Aceh-23 views

PENANEGERI, Langsa – Dewan Sumber Daya Air (SDA) Aceh, merekomendasikan Pemerintah Kota Langsa untuk mengembalikan status hutan lindung kemuning di Gampong Pondok Kemuning, Kecamatan Langsa Lama, yang selama ini telah beralih fungsi sebagai lahan perkebunan pihak ketiga.

“Rekomendasi ini merupakan hasil sidang III Dewan Sumber daya Air Aceh tahun 2018 yang dilakukan di Banda Aceh pada 30 Oktober lalu,” sebut Ir H Zainal Abidin, BIE, MM dari Perkumpulan Petani Pemakai Air Tingkat Provinsi yang merupakan bahagian dari Dewan SDA Aceh kepada wartawan, Minggu (4/11).

Dijelaskannya, rekomendasi pengembalian status hutan lindung kemuning dalam sidang Dewan SDA Aceh tersebut, sebagai upaya penyelamatan dan peningkatan penyediaan air baku atau sumber air untuk air bersih. Karena, tingkat kebutuhan air bersih bagi kehidupan saat ini sangat tinggi dan membutuhkan penyediaan yang cukup.

Selain pengembalian fungsi hutan lindung Kemuning, lanjutnya, Kota Langsa juga diharapkan meningkatkan kapasitas tampungan dan menambah kapasitas transmisi sumber air dari Krueng Langsa. Serta diusulkan untuk membangun sinergisitas antara PDAM Kota Langsa dengan PDAM Kabupaten Aceh Tamiang.

Baca Juga  Jelang Lebaran, Toko Pakaian di Langsa Diserbu Pembeli

“Untuk wilayah Aceh Timur, Kota Langsa dan Aceh Tamiang perlu dilakukan Feasibility Study (FS) untuk mendapatkan potensi sumber air. Karenanya, sinergisitas antar daerah ini sangat penting dalam menjaga dan menemukan sumber air baku sebagai pemenuhan kebutuhan air bersih untuk kehidupan,” pungkasnya.

Komentar

Berita Terbaru