oleh

Di Biagio Ditunjuk Sebagai Pelatih Sementara Timnas Italia

PENANEGERI, Sepakbola – Italia akan menawarkan pelatih tim nasional U-21, Luigi Di Biagio, kesempatan untuk memimpin tim senior untuk sementara waktu dalam pertandingan persahabatan melawan Argentina dan Inggris bulan depan, menurut wakil ketua Federasi Sepakbola Italia (FIGC) Alessandro Costacurta.

Tim berjuluk Azzurri belum memiliki pelatih sejak kepergian Gian Piero Ventura setelah kegagalan mereka lolos ke Piala Dunia 2018 yang akan berlangsung di Rusia.

Kekalahan dari Swedia di babak play-off menandai pertama kalinya dalam 60 tahun bagi sang jaura dunia empat kali absen di sebuah tempat di turnamen yang sama, dan menunjuk seorang pengganti mengalami kesulitan karena badan sepakbola tersebut belum menemukan pengganti untuk Carlo Tavecchio sebagai presiden FIGC.

Roberto Fabbricini yang merupakan sekretaris jenderal Komite Olimpiade Italia (CONI) dipasang sebagai pemimpin darurat FIGC pada hari Kamis dan di bawah pengawasan Costacurta, banyak hal yang telah meningkat.

“Kami akan memanggil Di Biagio dan kami akan berbicara dengannya tentang peran sebagai pelatih sementara untuk tim nasional kami (Italia),” ungkap mantan bek AC Milan itu dilansir laman Sky Italia, sembari mengungkapkan bahwa mantan pemain tersebut bisa mematenkan tempatnya jika mengalami kemajuan.

“Sudah jelas, jika dia memenangkan pertandingan persahabatan berikutnya, kami memerlukan pelatih lain untuk tim U-21,” tambah Costacurta.

“Kami membutuhkan sosok yang memahami tim nasional luar dalam, dia memiliki pengalaman dan prestasinya cukup baik bersama tim muda,” terangnya.

Italia akan menghadapi Argentina di Etihad Stadium pada 23 Maret sebelum menghadapi Inggris di Wembley empat hari kemudian. Di Biagio tidak memiliki pengalaman pembinaan papan atas namun tampaknya mendapat kesempatan untuk membuktikan kapasitasnya setelah Antonio Conte menolak peluang kembali ke tim senior Italia.

“Saya dapat memberitahu Anda bahwa Costacurta adalah seorang teman baik. Kami bermain bersama dengan tim nasional pada tahun 1994 di Piala Dunia,” jelas Conte pada sebuah konferensi pers akhir pekan lalu.

“Tapi, mungkin dia lupa bahwa saya masih memiliki kontrak 18 bulan dengan Chelsea. Keinginan saya adalah menghormati kontrak ini. Saya senang disini dan fokus pada sikap profesional saya,” tandasnya.

Komentar

Berita Terbaru