oleh

Diancam Luhut, Amien Rais Menanggapi dengan Senyuman

PENANEGERI, Jakarta – Menko Kemaritiman Luhut B Pandjaitan berang terhadap Amien Rais sembari mengancam akan membongkar ‘dosa’ senior PAN itu. Amien pun disebut hanya menanggapinya dengan santai.

“Pak Amien kan bukan politikus kemarin sore. Nggak usah diajarin apa-apa, saat reformasi, sendiri saja beliau berani, kok. Beliau berani selama benar,” ungkap Waketum PAN Taufik Kurniawan menanggapi ancaman Luhut kepada Amien, Selasa (20/3/2018), seperti dilansir detik.com.

Dia lalu mengingatkan peran Amien Rais di Indonesia. Taufik menyatakan seharusnya, sebagai bapak reformasi, Amien tak mendapat ancaman seperti yang dilontarkan Luhut.

“Beliau punya andil besar dalam reformasi. Ini bapak reformasi kok diancam, apalagi disuruh minta maaf,” ucap Wakil Ketua DPR itu.

Meski mendapat gertakan dari jenderal purnawirawan tersebut, Amien, menurut Taufik, tak banyak menggubris. Bahkan mantan Ketua MPR itu terkesan santai.

“Tadi Pak Amien senyum-senyum saja, tenang-tenang saja, habis salat beliau. Seperti biasanya saja, barusan saya ditelepon beliau,” kata Taufik.

Menurutnya, Amien akan menggelar konferensi pers untuk memberi klarifikasi atas ucapannya. Ketua Dewan Kehormatan PAN tersebut, dikatakan Taufik, akan menjelaskan secara detail mengenai maksud tudingan Jokowi ‘ngibul’ itu.

“Pak Amien akan menjelaskan secara utuh kepada publik terkait statement beliau. Karena ada beberapa hal yang mungkin terputus informasinya. Kalau diambil sepotong-sepotong, akan jadi hal yang tidak utuh. Rilisnya melengkapi apa yang terpenggal. Ini penting, karena soal substansi,” tuturnya.

“Setelah ada rilis, akan ada langkah-langkah politik lebih lanjut, kan perlu dilurusin. Kan kita yang muda-muda inginnya rukun-rukun saja,” sambung Taufik.

Meski begitu, doktor ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang, ini meminta pemerintah dan partai-partai pendukungnya tidak kebablasan menanggapi kritik Amien. Menurut Taufik, apa yang disampaikan Amien merupakan kritik biasa dalam demokrasi.

“Itu baru satu Amien Rais yang bicara, kalau ada jutaan Amien Rais, nanti pemerintah repot. Karena kan tidak ada rakyat di republik ini yang ingin pemerintah gagal. Semua ingin pemerintah berhasil sesuai dengan konstitusi dan sesuai janji politik saat kampanye. Kalau seperti ini, DPR akan mendukung, selama untuk bangsa dan negara, DPR kan akan dukung. Kita ingin Pak Jokowi bagus, Pak Luhut bagus, kita ingin semua baik,” papar dia.

Sebelumnya diberitakan, Luhut berang terhadap senior yang disebut menuding program sertifikasi Jokowi hanyalah bohong alias pengibulan. Luhut mengaku paham betul rekam jejak sang pengkritik yang disebutnya senior itu dan tak segan mencari dosa-dosanya.

“Jangan asal kritik saja. Saya tahu track record-mu kok. Kalau kau merasa paling bersih, kau boleh ngomong. Dosamu banyak juga kok, ya sudah diam sajalah. Tapi jangan main-main, kalau main-main, kita bisa cari dosamu kok. Emang kau siapa?” tegas Luhut, Senin (19/3). (*)

Komentar

Berita Terbaru