oleh

Dinas Perikanan Bireuen Siap Keluarkan Rekom Pembelian Solar Nelayan

PENANEGERI, Bireuen – Menanggapi keluhan nelayan terhadap sulitnya memperoleh bahan bakar solar untuk kebutuhan boat mereka saat akan melaut.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Bireuen, Irwan SP yang dikonfirmasi Penanegeri.com, Sabtu (10/11) sore menjelaskan, pihaknya akan membantu mengeluarkan rekomendasi pembelian solar untuk kebutuhan khusus boat 10 GT-30 GT.

“Menyahuti harapan nelayan, maka kami tetap siap mengeluarkan surat rekomendasi kepada nelayan sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku, sehingga tidak menyalahi aturan,” katanya.

Menurut Irwan, pihaknya akan merekomendasikan kepada nelayan sesuai dengan aturan yang berlaku dan hanya untuk boat 10 GT-30 GT, sementara boat diatas kapasitas 30 GT, tidak bisa dikeluarkan rekomendasi tersebut.

Kendati demikian, sambung Irwan, tetap harus dibutuhkan beberapa syarat yang mesti dilampirkan setiap nelayan agar mendapatkan rekomendasi tersebut.

“Untuk mendapat rekom tersebut, maka nelayan tetap melampirkan SIUP, SIPI, surat laik operasi dan surat izin berlayar. Bila satu dari syarat itu tidak lengkap, maka tidak bisa kami keluarkan rekomendasi itu,” sebutnya.

Baca Juga  Sepekan Terakhir Nelayan Bireuen Sulit Peroleh Solar

Diberitakan sebelumnya, sejak sepekan terakhir, nelayan di pesisir Kabupaten Bireuen mengeluh, dan kesulitan memperoleh bahan bakar solar disetiap SPBU untuk kebutuhan boat mereka melaut.

Akibat sulitnya memperoleh bahan bakar solar tersebut, sebagian besar boat nelayan di Bireuen terpaksa harus ditamban di sejumlah demaga, karena tidak bisa turun melaut.

Komentar

Berita Terbaru