oleh

Ditanya Tarif, Jawaban Ustadz Abdul Somad Membuat Jamaah Tersenyum

PENANEGERI, Nasional – Nama Ustadz Abdul Somad kian menanjak kepopulerannya. Karenanya, banyak jamaah di seantero Tanah Air yang ingin mengundang Ustadz Abdul Somad untuk memberikan ceramah.

Suatu ketika Ustadz Abdul Somad pernah ditanya berapa nominal tarif Ustadz Abdul Somad sekali ceramah? Jawabannya membuat para jamaah yang mendengarnya tersenyum.

Demikian Pertanyaan Jamaah dan Jawaban Ustadz Abdul Somad secara lugas :

“Apakah pihak Ustadz Somad menentukan nominal tarif untuk undangan ceramah?”, demikian sebuah pertanyaan yang ditulis seseorang pada selembar kertas yang dibacakan Ustadz Somad di hadapan para jamaah saat menghadiri undangan organisasi kemasyarakatan Islam.

Lalu apa jawaban Ustadz Somad?

“Sampai sekarang, belum lagi. Sebelum saya tentukan (tarif) ini, undanglah. Tapi kalau saya sudah tentukan (tarif), payahlah yang ngundang,” kata dia disambut senyum dan tawa jamaah.

Hingga saat ini, Ustadz Abdul Somad mengaku tak pernah memasang tarif saat diundang.

Dirinya malah senang ketika banyak yang mengundang.

Selanjutnya dalam sebuah kesempatan berceramah untuk lembaga, ada juga pertanyaan seputar fasilitas-fasilitas ketika diundang.

Lalu dijawab oleh Ustadz Abdul Somad, “Saya ndak. Mau aja orang mengundang kita menyampaikan ayat-ayat Allah ini, alhamdulillah. Mestinya kita yang datang. Lalu dia bawa kita. Mestinya saya datang ke rumah ini, tapi kemudian diundang keluarga besar Hidayatullah, alhamdulillah.”

Jamaah yang rajin menyimak ceramah Ustadz Somad, biasanya mendengar secara langsung dari mimbar, maupun melalui media sosial.

Karena sangat mudah menemukan ceramah lengkap maupun potongan ceramah beliau pada situs berbagi video YouTube.

Dalam ceramahnya, pendakwah dan ulama asal Pekanbaru, Riau ini sering mengulas ilmi agama Islam, khususnya kajian ilmu hadits dan Ilmu fikih.

Selain itu, ia juga banyak membahas mengenai nasionalisme dan berbagai masalah terkini yang sedang menjadi pembahasan hangat di kalangan masyarakat.

Di tengah kesibukannya sebagai dosen Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Pekanbaru, Riau, Ustadz Somad kini kerap berkeliling Indonesia menghadiri berbagai macam undangan.

Ulasan yang cerdas dan lugas, kajian-kajiannya yang tajam dan lugas serta menarik membuat banyak orang suka ceramah atau tausiahnya. Juga ceramah Ustadz Somad begitu mudah dicerna dan mudah dipahami oleh berbagai lapisan kalangan masyarakat. (*)

Komentar

Berita Terbaru