oleh

DPAC Partai Demokrat Bireuen Ikut Mengundurkan Diri 

-Aceh-1.551 views

PENANEGERI, Bireuen – Pasca pemecatan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Bireuen, 12 Ketua Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) Partai Demokrat di Kabupaten Bireuen ikut mengundur diri.

Ke 12 Ketua Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) Partai Demokrat Bireuen itu mengundurkan diri secara bersamaan sejak, Minggu (14/10) lalu.

Pengunduran diri Ketua DPAC tersebut dikarekan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Bireuen, Edi Saputra atau Edi Obama telah dipecat.

Berdasarkan informasi yang diterima, Ketua DPAC Partai Demokrat Bireuen yang telah mengundurkan diri yakni di Kecamatan Peusangan Selatan, Jangka, Kutablang, Peusangan, Gandapura. Selain itu Ketua DPAC Kota Juang, Kuala, Juli, Jeumpa, Plimbang, Jeunieb, dan Kecamatan Pandrah.

Sementara yang masih menjabat Ketua DPAC Partai Demokrat terdiri Peusangan Siblah Krueng, Makmur, Peudada, Simpang Mamplam, dan Samalanga. Mereka tetap bertahan dengan alasan ikut mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif (Caleg).

Ketua DPAC Kecamatan Peusangan Selatan, Muhklis mengaku, tidak seharusnya  para Pengurus Pusat Partai Demokrat memecat Ketua DPC, apa lagi ini partai politik besar. Bila ada kesalahan yang dilakukan mantan Ketua DPC Demokrat Bireuen Edi Saputra, seharusnya dilakukan musyawarah.

Baca Juga  Bruce Arena Resmi Mengundurkan Diri dari Melatih Amerika Serikat

Alasannya, selama ini Ketua DPC Edi Saputra telah berjuang untuk membesarkan Partai Demokrat Bireuen. Selain saat Musancab, Muscab hingga penyambutan kedatangan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ke Kabupaten Bireuen beberapa bulan lalu.

Di samping itu, suksesnya pemenangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf yang berpasangan dengan Ketua PD Aceh, Nova Iriansyah pada pilkada 2017.

“Tentu ini menjadi contoh yang tidak baik dalam sistem demokrasi kita. Selaku Ketua DPAC, saya ikut prihatin dan menyesalkan keputusan yang diambil Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat, memberhentikan Pak Edi Saputra sebagai Ketua DPC Demokrat Bireuen,” katanya.

Hal senada juga dikatakan Ketua DPAC Kecamatan Kuala, Erliwan, Selasa (16/10). Menurutnya  Ia juga tidak setuju terjadinya pemecatan terhadap mantan Ketua Demokrat Bireuen, Edi Saputra.

Sejatinya, kata Erliwan  bila ada kesalahan dari kader, seharusnya bisa diselesaikan melalui Mahkamah Partai.

“Saya sangat menyayangkan keputusan Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat. Sepengetahuan saya, dalam partai ada Mahkamah Partai, yang tugasnya menyelesaikan masalah atau sangketa yang terjadi dalam internal partai. Tapi sepertinya ini juga sudah melanggar AD/ART partai itu sendiri,” ujar Erliwan.

Baca Juga  Bruce Arena Resmi Mengundurkan Diri dari Melatih Amerika Serikat

Sementara itu Edi Saputra membenar sejumlah mulai Ketua DPAC, kader dan simpatisan Partai Demokrat di Bireuen ikut mengundurkan diri, pasca terjadinya pemecatan terhadap dirinya sebagai Ketua Demokrat Bireuen.

“Terkait hal ini, saya memberikan kebebasan kepada ketua kecamatan, kader, dan simpatisan. Bila mereka mengundurkan diri silahkan, tidak juga tidak apa-apa. Semua saya kembalikan kepada mereka. Apa lagi saya bukan lagi kader dan Ketua DPC Demokrat Bireuen,” sebutnya.

Di beritakan sebelumnya, Edi Saputar (Edi  Obama)  dipecat dari Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Bireuen.

Pemecatan itu ditandai dengan surat pemberhentian yang dikeluarkan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, 5 Oktober 2018.

Surat Keputusan bernomor 449/SK/DPP.PD/X/2018 itu ditandatangani langsung oleh Ketua Umum Partai, Sosilo Bambang Yudhoyono dan Sekretaris Jenderal Hinca Panjaitan.

Komentar

Berita Terbaru