oleh

Dua Putra Gayo Lues Ciptakan Home Smart System Via Bluetooth

-Aceh-1.302 views

PENANEGERI, Gayo Lues – Sungguh membanggakan raihan prestasi Dua putra Kabupaten Gayo Lues, yakni, Zulqhi Fahri Muda dan Ishad Anshar, yang saat ini mengenyam pendidikan di SMK Telkom Medan.

Pasalnya, kedua putra Gayo Lues yang kini sedang duduk di kelas 11, jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) yang kerjanya membuat aplikasi, Startup dan Robot ini, mampu menciptakan pengendali listrik rumah dari android (Home Smart System via Bluetooth).

Bahkan, karya keduanya sempat ikut dalam pameran revitalisasi SMK di Medan, yang berlangsung di SMK Negeri 1 Beringin, Rabu 17 Oktober 2018 lalu.

Zulqhi Fahri Muda, saat dikonfirmasi Penanegeri.com melalui selulernya terkait fungsi alat yang mereka ciptakan, dengan gamblang menjelaskan, bahwa Home Smart System ini berfungsi bisa mengendalikan listrik rumah melalui Android, seperti lampu penerangan, pompa air serta lainnya.

“Terpenting, yang berhubungan dengan listrik, bisa dikendalikan dengan Home Smart System,” papar Fahri, Senin (29/10) malam.

Selain itu, jelasnya, alat tersebut juga memiliki sensor anti maling, “jadi Home Smart System ini juga memiliki sensor anti maling, dengan penggunaannya sama dengan kamera CCTV dari Handphone,” ungkapnya, seraya menambahkan, pameran revitalisasi beberapa waktu lalu, langsung dihadiri Gubernur Sumatera Utara, Edi Rahmayadi.

“Waktu Pak Gubernur mendatangi Stand dan mendengarkan pemaparan kami, beliau sempat memberikan motivasi,kembangkan terus nak, kalau bisa alat anti malingnya diperindah lagi,” tutur pelajar berkaca mata ini, menirukan ucapan sang Gubernur Sumut yang juga Ketua PSSI itu.

Komentar

Berita Terbaru