oleh

Fantastis, Tunggakan Pelanggan PDAM Tirta Sejuk Galus Capai 2 Milyar

PENANEGERI, Gayo Lues – Fantastis, ternyata tunggakan pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Sejuk Kabupaten Gayo Lues, mencapai 2 Milyar rupiah.

Pasalnya, dari 3400 pelanggan PDAM yang meliputi Kecamatan Blangkejeren dan Blangpegayon, hanya sekitar 500 pelanggan yang aktif membayar setiap bulan.

“Tunggakan pelanggan PDAM itu bukan hanya masyarakat melainkan Instansi pemerintah juga ikut menunggak. Bahkan tunggakan yang mencapai hampir dua milyar ini, setelah ditotal dari tunggakan pelanggan selama 3 bulan hingga 5 tahun tidak pernah membayar tagihan,” demikian disampaikan Direktur PDAM Tirta Sejuk Gayo Lues, Muhammad Ali, kepada awak media saat menyambangi kantornya, Senin (29/10).

Sedangkan pihak PDAM, sangat membutuhkan biaya perawatan jaringan air bersih yang memakan anggaran tidak sedikit, terlebih cuaca hujan seperti saat ini.

“Jika sudah musim hujan seperti ini, maka biaya perawatan juga membengkak, terlebih intake air bersih kerap bermasalah karena faktor alam,” tuturnya.

Oleh sebab itu, pihak PDAM sudah melayangkan surat pemberitahuan tagihan kepada Instansi pemerintah. Sedangkan untuk masyarakat, dalam waktu dekat ini pihaknya juga melayangkan surat yang sama pada setiap pelanggan menunggak.

Baca Juga  Pemasangan Pipa PDAM Bisa Tingkatkan Suplai Air Bersih

“Sejak surat tagihan diterima pelanggan, maka sejak hari itu pula kami berikan waktu selama satu Minggu untuk melunasi semua tagihan, tetapi, jika tunggakan tidak dibayar sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan, maka kami akan memutus jaringan air bersihnya,” tandas Muhammad Ali, seraya menambahkan, pihak PDAM juga melayangkan surat tagihan kepada IKK yang ada di Kecamatan, seperti, Kecamatan Kutapanjang dan Blangjerango, Terangun, Dabun Gelang serta Rikit Gaib.

Selain itu, untuk meningkatkan distribusi serta mengatur pemakaian air bersih, pihak PDAM akan melakukan pemasangan meteran terhadap pelanggan yang distribusi airnya sudah 24 jam.

“Selama dua bulan ini, kita sudah memasang 60 meteran pelanggan air bersih, dan ini akan terus kita lakukan. Namun, pemasangan meteran ini tentu tergantung anggaran yang tersedia di PDAM, dalam artian, jika nanti anggarannya ada maka meteran pelanggan segera dipasang,” ujarnya.

Muhammad Ali juga berharap, agar para pelanggan PDAM Tirta Sejuk untuk kooperatif setelah menerima surat pemberitahuan tagihan ini, sebab, penertiban dan pemasangan meteran itu untuk menjawab keluhan pelanggan terkait ketidaklancaran air bersih selama ini.

Komentar

Berita Terbaru