oleh

Fenomenalnya Masjid Fatih di Amsterdam Belanda

PENANEGERI, Belanda – Di Belanda terdapat bangunan gereja yang telah dikonversi menjadi sebuah masjid. Rumah ibadah umat muslim itu bernama Masjid Fatih. Bangunan ini didirikan pada tahun 1929 dan terletak di pusat kota Amsterdam. Meskipun bangunan ini telah diperuntukkan menjadi sebuah Masjid, tetapi tetap saja terlihat dari luar seperti sebuah gereja.

Informasi dihimpun Penanegeri.com ketika mengunjungi Masjid Fatih menyebutkan, pada tahun 1971 bangunan ini sudah ditinggalkan oleh komunitas Katolik hingga akhirnya bangunan ini dijual. Komunitas Muslim Turki pun membeli bangunan ini dan menjadikannya sebagai sebuah Masjid. Masjid Fatih ini merupakan salah satu Masjid terbesar di Amsterdam, Belanda.

Selain fenomenal karena berubahnya fungsi bangunan dari gereja menjadi Masjid, Masjid Fatih ini juga termasuk ke dalam bangunan bersejarah. Tidak hanya itu, bangunan ini pun didaftarkan sebagai warisan monumen resmi di Amsterdam. Meskipun demikian, bangunan ini tidak ditandai sebagai layaknya sebuah Masjid. Hanya saja, salib pada menara bangunan itu telah digantikan dengan tanda bulan sabit dan tanda bintang kecil yang terletak di sebelah pintu bertuliskan Fatih Camii Amsterdam.

Masjid Fatih

Ali Donkey (35) imigran asal Turki yang merupakan salah seorang pengurus Masjid Fatih dan juga penjual kebab di sekitar Masjid kepada Penanegeri.com, Jumat (29/6) menjelaskan, sangat banyak wisatawan yang berkunjung ke Masjid Fatih, umumnya dari Asia. Tapi sangat di sayangkan tidak adanya rambu petunjuk yang mengarah untuk menuju ke Masjid yang menandakan adanya sebuah Masjid dilokasi itu. Selain pintu Masjid yang sangat kecil, bangunan Masjid itu juga sangat besar dan terlihat masih seperti gereja.

“Kami sudah coba membicarakan agar pemerintah setempat membuat petunjuk untuk menuju Masjid dari stasiun bus atau Tram terdekat, sehingga wisatwan, khususnya yang beragama Islam bisa dengan mudah menuju ke Masjid Fatih,” bebernya.

Umat Muslim di Belanda sebagian besar dibawa oleh para pekerja imigran dan dari negara jajahan. Maka tak heran jika selanjutnya banyak penduduk negara jajahan berimigrasi. Tak terkecuali mereka yang berasal dari negara mayoritas muslim.

Sejak tahun 1694, para perintis bangsa ini telah berhasil mendarat di Nusantara (Hindia – Belanda). Kemudian mereka menjajah Indonesia selama 350 tahun. Begitu pula bangsa Belanda ini menguasai Suriname, sebuah negara kecil di benua Amerika. Kini telah banyak penduduk Indonesia dan Suriname berimigrasi kenegara kincir angin itu.

Masjid Fatih

Jika traveling ke Belanda, khususnya bagi para wisatawan muslim, tidak akan kesulitan menemui Masjid untuk beribadah. Hampir disetiap daerah atau disetiap provinsi di Belanda banyak ditemui Masjid, baik bangunan Masjid yang tua maupun Masjid yang dulunya adalah bangunan asli Belanda atau Gereja yang dijadikan Masjid, maupun Masjid yang masih terhitung baru dibangun.

Bagi wisatawan dari Indonesia yang ingin berkunjung ke negeri yang tidak asing dengan masyarakat indonesia ini cukuplah mudah, banyak penerbangan langsung yang melayani rute Jakarta – Amsterdam, salah satunya maskapai plat merah kita Garuda Indonesia, setibanya di Schipol airport bisa melanjutkan perjalanan menggunakan kereta metro tujuan Amsterdam Central station, setelah itu wisatawan mengganti kereta dan melanjutkan dengan kereta Tram menuju stasiun Westermarket. Dari stasiun itu hanya dibutuhkan waktu sekitar 3 menit untuk tiba di Masjid Fatih dengan berjalan kaki sejauh 350 meter.

Komentar

Berita Terbaru