oleh

Festival Parade Seni Budaya Bireuen Mulai Ditabuh

PENANEGERI, Bireuen – Untuk menggali kembali kesenian dan budaya kecamatan yang mulai punah, Dewan Kesenian Aceh (DKA) Kabupaten Bireuen menggelar Festival Parade Seni Budaya seluruh Kabupaten Bireuen, di halaman Pendopo setempat, Sabtu (3/11) malam.

Selain parade seni budaya, panitia penyelenggaran juga melaksanakan seminar khasanah seni budaya daerah, di Aula Sekdakab Lama, Bireuen dan merupakan rangkaian peringatan HUT ke 19 Kabupaten Bireuen.

Bupati Bireuen, H Saifannur S.Sos dalam sambutannya saat pembukaan festival parade seni budaya mengatakan, DKA Bireuen merupakan wadah yang dapat terus melakukan gebrakan dan menggali budaya daerah, sehingga anak cucu kita tahu tentag budaya sendiri.

“Kita perlu menjaga dan merawat budaya daerah sendiri dan tidak terpenguruh dan mengikuti budaya luar yang tidak sesuai dengan jati diri kita,” sebutnya.

Selanjunya, kata Saifannur, setiap kecamatan harus mampu menunjukan keseniannya, penampilan yang lebih bagus, sehingga ajang yang diikuti bisa membawa nama daerah ke tingkat nasional.

Agenda DKA Bireuen juga akan memperlombakan tarian seudati, taktoek, rapai debus, meurukon, ratoh bruek serta sejumlah khasanah budaya Bireuen lainnya.

Baca Juga  Bupati Bireuen Resmi Buka Peltada Atlet Pora

Selama festival parade seni budaya ini, panitia menghadirkan Fikar W. Eda (penyair), Nur Mayda Atmaja (Ketua DKA) dan Ramdiana, S.Sn, M.sn, (Dosen Unsyiah) sebagai dewan juri selama kegiatan ini berlangsung.

Komentar

Berita Terbaru