oleh

FIFA Rencanakan Ekspansi 48 Tim di Piala Dunia 2022

PENANEGERI, Sepakbola – Presiden FIFA Gianni Infantino mengatakan bahwa dia berharap Piala Dunia 2022 di Qatar akan diperluas menjadi 48 tim, ekspansi seperti itu sangat “mungkin” dan “layak.”

Pernyataan positifnya memberi tekanan pada Qatar, yang menjadi penyelenggara turnamen mengatakan, mereka memeriksa kelayakan memperbesar turnamen dan akan memberikan tanggapan awal tahun depan.

Menanggapi pertanyaan pada kongres tahunan Konfederasi Sepakbola Asia di Kuala Lumpur tentang kemungkinan ekspansi pada 2022, Infantino merujuk pada 48 tim Piala Dunia yang akan diselenggarakan pada tahun 2026 oleh AS, Kanada dan Meksiko.

“Kami telah memutuskan untuk meningkatkan jumlah tim yang berpartisipasi dalam turnamen final Piala Dunia dari 32 menjadi 48. Itu akan terjadi pada 2026. Apakah itu akan terjadi pada 2022? Anda kenal saya. Itu mungkin. Kenapa tidak?” katanya seperti dilansir The Guardians, Rabu (7/11).

Infantino mengatakan kepada asosiasi sepakbola nasional AFC bahwa memperluas turnamen akan melihat jumlah tim negara-negara Asia yang bersaing di Piala Dunia meningkat dari 4,5 dalam 32 turnamen nasional menjadi 8,5.

Baca Juga  FIFA Umumkan Kandidat Pemain dan Pelatih Terbaik

“Anda akan memiliki kesempatan (lebih besar). Itu mungkin dan layak. Kami sedang mendiskusikan dengan teman-teman di Qatar. Kami sedang berdiskusi dengan banyak teman lain di wilayah ini. Kami berharap kami mewujudkannya. Kami harus selalu mencoba,” tambahnya.

Qatar menghabiskan miliaran dollar membangun delapan stadion dan membangun infrastruktur baru yang leih besar untuk menjadi tuan rumah turnamen 32 tim, yang memenangkan hak untuk menjadi tuan rumah dalam pemungutan suara oleh komite eksekutif FIFA pada tahun 2010.

Sejak Juni tahun lalu, negara-negara tetangga negara Teluk, terutama Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, telah menutup perbatasan mereka dan menolak wilayah udara mereka ke Qatar dalam konflik diplomatik dan blokade, yang telah mengintensifkan kompleksitas penyelenggaraan turnamen.

Beredar rumor bahwa turnamen tim 48 yang diperluas dapat mengarah ke beberapa pertandingan yang diselenggarakan oleh negara-negara tetangga, sebagai sarana untuk mengurangi kebuntuan diplomatik.

Hassan al-Thawadi selaku sekretaris jenderal dari “komite tertinggi” Qatar 2022 yang mengatur Piala Dunia, sebelumnya mengatakan negara itu bisa menerima untuk melakukannya, dan kemungkinan memperluas turnamen.

Baca Juga  FIFA Umumkan Kandidat Pemain dan Pelatih Terbaik

“Kami masih melihat pada studi kelayakan dan kami akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk memberikan umpan balik di masa depan. Tapi itu akan diputuskan sebelum kualifikasi di kuartal pertama tahun depan,” tandasnya.

Komentar

Berita Terbaru