oleh

Gampong Pondok Kemuning Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan

-Aceh-28 views

PENANEGERI, Langsa – Gampong Pondok Kemuning, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa menggelar pelatihan peningkatan kapasitas pemerintah gampong, Minggu (12/8) di Balai Gampong.

Geuchik Gampong Pondok Kemuning, Syaiful Azhar, saat membuka pelatihan itu menyampaikan, pelatihan tersebut sangat penting bagi perangkat gampong dan masyarakat agar penggunaan anggaran di gampong sesuai sebagaimana yang telah direncanakan.

Selain itu, pelatihan ini juga untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, maka kita buat pelatihan ini.

“Peserta, khususnya tim perumus Rencana Pembangunan Jangka Menengah Gampong (RPJMG) diharapkan serius untuk mengikuti pelatihan ini, sehingga nanntinya bisa melaksanakan program-program yang menjadi kebutuhan masyarakat bukan keinginan,” ujarnya.

Menurut Geuchik, dengan adanya pelatihan ini, maka diharapkan partisipasi seluruh masyarakat Pondok Kemuning atau Sukarayat untuk membantu perangkat gampong dalam menyiapkan perencanaan keuangan. Sehingga realisasi anggaran dana desa nantinya berjalan sesuai dengan yang kita harapkan.

Salah seorang pemateri dari pendamping Gampong Kecamatan Langsa Lama, Hamdani, meminta kepada tim perumus RPJMG sebelum melakukan musyawarah dusun (Musdus) harus mendata terlebih dahulu persoalan-persoalan yang ada ditengah masyarakat. Sehingga, pada saat Musdus nanti kita bisa mencari solusinya.

Baca Juga  Rektor IAIN Langsa Lepas Mahasiswa ke Turki

“Di data terlebih dahulu persoalan yang ada di masyarakat, setelah itu baru kita carikan solusinya. Kemudian, program-program yang dilaksanakan nantinya lebih kepada pola pemberdayaan masyarakat,” tuturnya.

Kemudian, pada saat melakukan penjaringan aspirasi atau gagasan masyarakat, seperti pembangunan, maka harus ditelusuri dahulu apakah bangunan yang akan dilakukan nantinya dilokasi bermasalah atau tidak.

“Jangan nanti setelah gagasan sudah bagus, dan programnya sudah berjalan, tapi tiba-tiba bermasalah. Ini jangan sampai terjadi,” pintanya.

Acara yang dimulai sejak pagi hingga sore hari ini diikuti oleh dari unsur perangkat gampong, Tuha Peut, tokoh agama, perwakilan perempuan, tim RPJMG.

Komentar

Berita Terbaru