oleh

Girder Beton Tol Depok-Antasari Ambruk

PENANEGERI, Jakarta – Girder Beton Proyek Tol Simpang Susun Depok – Antasari (Desari) di Jalan TB Simatupang, Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (2/1) tiba-tiba ambruk.

Kejadian ambruknya girder beton pada Proyek Tol Simpang Susun Depok – Antasari (Desari) di Jalan Tb Simatupang ini terjadi pada hari Selasa (2/1) sekitar pukul 10.00 WIB.

Kapolsek Cilandak Kompol Sujanto membenarkan insiden tersebut.

Kapolsek Cilandak Kompol Sujanto menuturkan, bahwa sekitar pukul 10.00 Wib, di lokasi dekat pertigaan Antasari-TB Simatupang, proyek beton girder ambruk.

“Saya mendapatkan laporan, bahwa sekitar pukul 10.00 WIB ada proyek beton girder ambruk,” tuturnya, Selasa (2/1).

“Petugas saat ini dan Kapolres sedang melakukan cek TKP,” papar kapolsek

Komisaris Polisi Sujanto menambahkan, sampai saat ini polisi masih melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan belum mendapat informasi adanya korban dalam peristiwa tersebut.

Berdasar laporan warga, beton girder proyek yang ambruk tersebut dekat dengan Gedung Alamanda. Girder tersebut rubuh sekira pukul 10.00 WIB.

“Informasi dari satu warga yang melihat kejadian itu, Beton gilder proyek tol Desari ambruk sekitar pukul 10.00 WIB.”

Lokasi pengerjaan proyek di mana beton girder ambruk itu berada di dekat pertigaan Antasari-TB Simatupang.

Kompol Sujanto menambahkan, sampai saat ini polisi masih melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) terkait peristiwa itu.

Bagi pembaca mungkin bertanya-tanya apakah Girder itu ? (bukan ditulis gilder atau glider).

Dalam pengertian teknik sipil Girder adalah sebuah balok diantara dua penyangga terdapat pada suatu jembatan atau fly over.

Menurut material penyusunnya girder dapat terdiri dari girder beton dan girder baja. Sedangkan menurut sistem perancangannya, girder terdiri dari girder precast yaitu girder beton yang telah di cetak di pabrik tempat memproduksi beton kemudian beton tersebut di bawa ke tempat pembangunan jembatan atau fly over dan pada saat pemasangan dapat menggunakan girder crane.

Lokasi girder beton yang roboh ini berada di dekat pertigaan Antasari-TB Simatupang.  Sebelumnya sebuah beton girder dalam proyek tol Paspro (Pasuruan –  Probolinggo) juga ambruk. (*)

Komentar

Berita Terbaru