oleh

Gubernur Sulsel bersama Mentan RI Berangkatkan 500 Truk Bantuan Logistik ke Palu

PENANEGERI, Makassar – Gubernur Sulawesi Selatan Prof Nurdin Abdullah (NA) dan Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mendampingi Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melepas sebanyak 500 lebih truk mengirimkan bantuan kemanusian gempa dan tsunami Palu dan Donggala di Lapangan Hasanuddin, Makassar, Kamis (4/10). Pelepasan dengan pengibasan bendera start.

NA sendiri mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat. Mulai dari Presiden hingga masyarakat yang membantu.

“Terima kasih untuk Pak Menteri Pertanian sudah peduli, saya bangga baliau sebagai putera Sulsel dan tokoh nasional yang sudah memberikan kepedulian,” kata Nurdin Abdullah.

Demikian juga Andi Amran Sulaiman, menyampaikan rasa syukurnya dan terima kasihnya pada semua pihak, sehingga dana terkumpul dan penggalangan aksi kemanusian.

“Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari ini kita berkumpul dan menggalang aksi kemanusian, bagi korban gempa di Palu, Donggala dan Sigi dan sekitarnya,” kata Amran.

Pengiriman ini berdasarkan arahan Presiden Jokowi, Ia memerintahkan dua hari lalu, segera mengambil langkah untuk memberikan bantuan khususnya pangan.

Rencananya, besok menteri Amran akan berangkat ke lapangan untuk memastikan distribusi sampai dengan baik dan tepat sasaran.

Ia juga menyampaikan, mendapatkan laporan dari Gubernur semalam, terdapat pengungsi yatim piatu dari Palu di Makassar. Kemudian untuk mereka diberikan bantuan sebesar Rp1 miliar.

“Rp1 miliar kami serahkan pada panitia, jumlah terus bertambah. inshaallah nilai bantuan masih bertambah ke depan,” paparnya.

Menteri Amran, imbuhnya, Kementrian Pertanian sudah dua mengkoorinasi memberikan bantuan bencana. Pertama gempa di Lombok (NTB) senilai Rp20 miliar dan Palu (Sulteng) Rp25 miliar, sehingga nilai total Rp45 miliar.

Khusus lahan pertanian, sebutnya, Kementerian Pertanuan akan menggangarkan untuk lahan yang rusak, berupa tanaman pangan, perkebunan dan holtikuktra.

“Kami sudah siapkan bibit untuk dialihkan ke Palu. kalau ada tanaman kakao, cengkeh yang rusak inshaallah kami siapkan bantuan bibit dan pupuknya,” ujarnya.

Menteri Amran, menyampaikan, untuk penanganan pasca gempa, Kementerian Pertanian terus berkoordinasi dengan Gubernur dan Wai Kota baik di Sulsel dan Sulteng. Demikian juga penangan traumatik.

“Kami koordinasi sejak terjadi gempa agar membantu saudara saudara yang ada di Palu,” ujarnya.

Sementara, berdasarkan laporan panitia, pagi ini sudah terkumpul bantuan 500 truk senilai Rp25 miliar dalam bentuk barang sembako, beras, mie instan, minyak goreng, gula, susu dan makanan bayi, perlengkapan pakaian, sabun dan lainnya.

Bantuan sukarela ini terkumpul dari Sahabat Kementan dan Mitra Pertanian Rp4,8 miliar, Pemprov Sulsel, pengusaha, perbankan, dan ormas Rp6,2 miliar, Pemkot Makassar sebanyak senilai Rp 2,5 miliar dan Rakyat Indonesia Rp7 miliar serta sumbangan masyarakat Sulsel. (*)

Komentar

Berita Terbaru