oleh

Gus Sholah Tanggapi Ucapan Amin Rais yang Minta Kapolri Dicopot

PENANEGERI, Jombang – Pernyataan Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais, yang meminta Kapolri Jenderal Tito Karnavian dicopot, ditanggapi serius oleh pengasuh Pondok Pesantren (PP) Tebuireng, Jombang KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah.

Gus sholah menyatakan, tak ada alasan kuat untuk mencopot Tito karena belum ada bukti seperti yang dituduhkan.

“Ya alasan mencopot itu apa, dasarnya itu apa? Sejauh yang saya baca di koran kan mungkin ada informasi, jika Kapolri menerima sesuatu dari pengusaha Basuki Hariman itu, tapi itu kan masih sebatas informasi,” kata Gus Sholah, saat ditemui sejumlah wartawan di kediamannya, Jumat (12/10/2018).

Gus Sholah mengatakan, informasi yang seperti dituduhkan Amin Rais masih belum kuat secara bukti jika memang kabarnya ada aliran dana ke Kapolri Jendral Tito Karnavian. Adik kandung Presiden ke IV RI, KH Abdurrahman Wahid ini meyebutkan, Amien Rais berhak menerima hadiah dari KPK sebesar Rp 200 juta jika memang bisa memberikan bukti atas informasi tersebut.

“Pak Amien bisa menerima uang Rp 200 juta, itu menurut saya. Dia sebagai pelapor pertama tindakan korupsi, tapi kalau tidak, tidak bisa kan,” ungkap Gus Sholah.

Saat ditanya mengenai hasil investigasi indonesialeaks, Mantan wakil komnas HAM ini menegaskan jika tulisan tersebut baru sebatas informasi yang masih perlu dibuktikan kebenarannya. Menurut dia, jika Amien Rais meyakini hasil investigasi tersebut, dia berharap Ketua Dewan Kehormatan PAN itu bisa membeberkan buktinya.

Sementara Gus Solah menilai, Tito Karnavian merupakan salah satu Kapolri yang tergolong cendekiawan, seperti pendahulunya Jendral (purn) Awaluddin Djamil. Di mata Gus Solah, Tito juga polisi yang berprestasi.

“Pak Tito punya prestasi yang baik. Kalau tidak, tidak mungkin pada usia yang masih muda melompati sekian angkatan menjadi Kapolri. Masa tanpa bukti kemudian Pak Amien minta beliau dicopot,” tegasnya.

Diketahui, permintaan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais untuk mencopot kapolri ini diutarakan saat ia memenuhi panggilan polisi sebagai saksi untuk kasus hoax dengan tersangka Ratna Sarumpaet.

“Saya tahu Anda mau tahu soal KPK, saya minta kepada Pak Jokowi. Supaya Bapak Kapolri Tito Karnavian segera dicopot,” ujar Amien Rais sambil memegang sebuah koran nasional.

Pernyataan Amien Rais itu kemudian  ditanggapi oleh KH Salahuddin Wahid atau Gus Solah, menurutnya tak ada alasan untuk mencopot Tito sebelum terbukti bersalah.

“Alasan mencopot itu apa? dasarnya apa? Sejauh yang saya baca di koran kan mungkin ada informasi Kapolri menerima sesuatu dari pengusaha Basuki Hariman, tapi itu kan informasi. Informasi itu bisa benar, bisa tidak. Harus dibuktikan,” kata Gus Solah kepada wartawan di kediamannya, Jumat (12/10/2018). (*)

Saksikan videonya di kanal Youtube :

Komentar

Berita Terbaru