oleh

Helikopter Jatuh, Penumpang Selamat, Pilot alami Luka

PENANEGERI, Morowali – Sebuah Helikopter jenis Chopper milik PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) jatuh pada Jumat (20/4) sekitar pukul 09.20 WITA tidak jauh dari helipad di kawasan perusahaan di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

Jatuhnya Heli di depan Pos 2 PT IMIP Desa Fatufia Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali merupakan kecelakaan tunggal yang menyebabkan 1 (satu) orang karyawan PT IMIP meninggal dunia karena tertimpa helikopter yang jatuh dan 6 (enam) orang penumpang mengalami luka-luka.

Pilot mengalami luka-luka, adapun nama Pilot adalah Rudi (42) mengalami luka dalam. Kemudian Copilot atas nama Deliati Hasiolan Gulo mengalami luka patah pada lengan kanan, dan luka sobek pada bagian kening.

Adapun nama-nama penumpang yang mengalami luka dalam kejadian kecelakaan ini masing-masing, Xi Lai Wang (56), Yan Yun (32) dan Di Yi Fei (28) mengalami luka ringan. Sedangkan Guan mengalami kejang. Untuk Zhao Yipu dan Du gui tidak mengalami luka.

Kronologis kejadian yakni, sekitar pukul 09.15 WITA, helikopter milik PT IMIP lepas landas dari helipad PT IMIP hendak menuju Kendari. Kemudian pada pukul 09.17 WITA, helikopter itu tiba-tiba berbalik arah menuju landasan helipad PT IMIP.

Baca Juga  Moeldoko Akui ada Ribuan Pekerja Asal China di Morowali

Pada pukul 09.20 WITA, sebelum tiba di landasan helipad PT IMIP, tiba-tiba helikopter tersebut terjatuh dan menimpa seorang karyawan bernama Aris Heni Irawan (23) asal Masamba yang merupakan karyawan divisi stoker, bertempat tinggal di Desa Lalampu, saat itu sedang melintas di depan Pos 2 ketika hendak masuk kerja.

Sekitar pukul 09.21 WITA, Danru (Komandan Regu) Pos 2 Adi Topan bersama anggota melakukan pertolongan terhadap pilot, copilot dan 6 (enam) orang penumpang untuk dibawa ke poliklinik PT IMIP untuk mendapatkan perawatan.

Sekitar Pukul 09.25 WITA, 3 orang penumpang dibawa ke RSUD Kabupaten Morowali dengan menggunakan mobil ambulance PT IMIP.

Selanjutnya pukul 09.45 WITA anggota Polsek Bahodopi tiba di TKP (tempat kejadian) dan memasang police line. Saat ini penyebab terjatuhnya heli Milik PT IMIP tangah dilakukan penyelidikan oleh Polsek Bahodopi.

Humas dan Media Relation PT IMIP Dedy Kurniawan kepada wartawan mengatakan, bahwa pilot, kopilot serta enam penumpang dilaporkan selamat namun mengalami luka parah.

Sedangkan empat penumpang mengalami luka lecet dan dua lagi syok.

Baca Juga  Moeldoko Akui ada Ribuan Pekerja Asal China di Morowali

“Empat penumpang merupakan production house yang baru saja mewawancarai karyawan perusahaan di IMIP. Dua karyawan lainnya adalah tenaga kerja asing. Korban langsung diisolasi,” kata Dedy, Jumat (20/4) kepada wartawan.

Rencananya keempat penumpang itu hendak kembali ke Tiongkok. (*)

Komentar

Berita Terbaru