oleh

Himpunan Alumni IPB Cetak Kader Pemimpin Bangsa

PENANEGERI, Bogor -Melalui program pengkaderan Mentoring Leader, Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) siap mencetak kader pemimpin bangsa.

Menurut Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) HA IPB Fathan Kamil, program ini penting untuk dilakukan saat ini.

“Untuk mempersiapkan estafet kepemimpinan di negeri ini, HA IPB memandang program pengkaderan penting untuk dilakukan. Mentoring Leader merupakan program untuk mencetak kader pemimpin bangsa,” kata Fathan saat dihubungi media (7/9/2018).

Lebih lanjut, Fathan mengatakan bangsa ini membutuhkan pemimpin organik. Pemimpin yang mengakar di tengah masyarakat.

“Kami agak khawatir proses kepemimpinan saat ini. Banyak penokohan hanya karena gara-gara medsos (media sosial). Mentoring Leader ini mencetak pemimpin organik. Bukan sekedar menjadi trendsetter nantinya di medsos, namun menjadi pemimpin yang hadir di tengah-tengah masyarakat. Karena itu, peserta Mentoring Leader ini diseleksi dengan ketat,” kata Fathan yang saat mahasiswa pernah menjadi Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian IPB.

Program Mentoring Leader DPP HA IPB ini sudah memasuki tahap akhir seleksi yang dilakukan pada Kamis (6/9/2018), di Gedung Alumni IPB, Baranangsiang Bogor.

Program yang diperuntukkan bagi mahasiswa tingkat akhir atau alumni baru IPB ini telah terjaring 87 peserta. Di tahap akhir seleksi ini, peserta mengikuti 3 agenda, yakni training, Focus Group Discussion (FGD), dan wawancara.

Koordinator Program Mentoring Leader DPP HA IPB Jamil Azzaini mengatakan antusias peserta Program Mentoring Leader memberikan energi bagi para pengurus DPP HA IPB untuk melaksanakan program pengkaderan ini.

“Melihat antusiasme peserta, kami yakin mereka kelak akan menjadi pemimpin hebat yang memiliki integritas. 26 pengurus DPP HA IPB yang menjadi pewawancara pun menjadi bersemangat. Insya Allah Program Mentoring Leader akan berjalan lancar dalam satu tahun ke depan dan menjadi program rutin,” kata Jamil.

Ia menambahkan pula dalam satu tahun setiap peserta akan didampingi mentor sesuai minatnya. Tercatat sudah ada 22 orang yang bersedia menjadi mentor.

Mereka adalah tokoh-tokoh alumni IPB yang sudah menduduki posisi puncak di berbagai instansi dan perusahaan, seperti menteri, politisi, eselon 1 pemerintahan, direksi BUMN dan perusahaan Multinasioanal, serta pengusaha sukses. (*)

 

Komentar

Berita Terbaru