oleh

HMI Langsa Gelar Aksi Solidaritas ke Polres

PENANEGERI, Langsa – Puluhan anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Langsa, menggelar aksi solidaritas ke Polres setempat, Rabu (26/9).

Aksi solidaritas itu sebagai bentuk keprihatinan terhadap anggota HMI yang mendapat tindakan represif oleh oknum Polisi beberapa waktu lalu di Medan, Sumatera Utara dan Bengkulu.

Amatan Penanegeri.com di lapangan, sebelumnya puluhan anggota HMI Cabang Langsa berkumpul di Masjid Darul Fallah Langsa dan sekitar pukul 09.30 WIB, melakukan long march dengan mendapat pengawalan dari Polres Langsa dan sembari membawa kertas karton yang diantaranya bertuliskan “Kami Butuh Diayomi Bukan Dizhalimi,” Copot Kapolda Sumut dan Kapolda Bengkulu”.

Sesampainya di Tugu Eks Polantas Langsa, puluhan mahasiswa melakukan orasi secara bergantian. Lalu, sekitar satu jam kemudian, mereka melanjutkan long march ke Polres Langsa. Setibanya di Polres Langsa, mahasiswa disambut Wakapolres, Kompol Budi Darma dan sejumlah pejabat Polres Lainnya dan tak lama kemudian, secara bergantian Ketua HMI Cabang Langsa, Hamid Ilham serta Koordinator Lapangan, Dedek Ardiansyah, melakukan orasi.

Baca Juga  HMI Langsa Minta Polda Aceh Serius Tangani Dugaan Korupsi Beasiswa

Pada kesempatan itu, Ketua Umum HMI Cabang Langsa, Hamid Ilham, membacakan petisi yakni mengutuk tindakan aparat kepolisian yang membatasi ruang-ruang aspirasi langsung oleh mahasiswa.

HMI Cabang Langsa
(Penanegeri/M Rizal) : Wakapolres Langsa, Kompol Budi Darma, memberikan tanggapan kepada anggota HMI Cabang Langsa, Rabu (26/9).

“Tangkap segera oknum yang dengan sengaja membuat terjadinya bentrokan antara mahasiswa dengan kepolisian,” tegasnya.

HMI Langsa meminta Kapolri agar mengusut tuntas tindakan represif yang dilakukan oleh oknum anggota kepolisian terhadap mahasiswa dan mengevaluasi kinerja Kapolda Bengkulu dan Kapolda Sumut.

Serta, meminta Kapolri untuk mengintruksikan Kapolres Kota Medan meminta maaf kepada mahasiswa dengan berbicara di media cetak dan online.

Setelah mendengarkan orasi dan pembacaan petisi, Wakapolres Langsa menyampaikan, bahwa aksi solidaritas yang dilakukan mahasiswa HMI ini sebagai bentuk silaturahmi antara mahasiswa dengan Polres Langsa.

Dihadapan anggota HMI, Wakapolres menegaskan, bahwa pihaknya sepakat apabila ada oknum Polisi yang melakukan tindakan melawan hukum maka harus ditindak sesuai dengan hukum, karena di mata hukum kita sama semua.

“Terima kasih atas kedatangannya dan apa yang menjadi tuntutan mahasiswa, akan kita sampaikan ke Kapolres Langsa,” tutupnya.

Komentar

Berita Terbaru