oleh

Honda Pastikan Dani Pedrosa Hengkang di Akhir Musim

PENANEGERI, MotoGP – Tim MotoGP Repsol Honda telah mengkonfirmasi akan berpisah dengan Dani Pedrosa pada akhir musim 2018.

Berita yang sempat menjadi desas-desus dalam beberapa pekan terakhir, kini telah secara resmi diumumkan oleh Honda, dan berarti marque Jepang itu sekarang sepenuhnya fokus mencari mitra baru untuk Marc Marquez.

Pedrosa telah menjadi bagian dari Honda MotoGP sejak tahun 2006, menyelesaikan posisi runner-up di kejuaraan sebanyak tiga kali dan memenangkan total 31 balapan kelas utama.

Pengumuman Honda menentukan bahwa kemitraan akan dihentikan “dengan kesepakatan bersama”.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada HRC (Honda Racing Corporation) untuk semua tahun penuh kesuksesan. Saya telah tumbuh tidak hanya sebagai pembalap tetapi juga sebagai seseorang yang lebih baik. Saya akan selalu memiliki HRC dalam ingatan saya dan di hati saya,” kata Pedrosa, dilansir Autosport, Rabu (6/6).

“Dalam hidup, semua membutuhkan tantangan baru dan saya merasa sudah waktunya untuk membuat perubahan. Terima kasih HRC,” tambahnya.

Baca Juga  Iannone Tegaskan Hengkang dari Suzuki Akhir 2018

Selain 2015, ketika ia melewatkan tiga dari empat balapan awal karena operasi lengan, musim sekarang ini telah menandai awal terburuk Pedrosa di MotoGP.

Pembalap asal Spanyol itu berada ditempat 12 klasemen dengan 29 poin setelah enam balapan, dan mengalami waktu yang sangat sangat buruk pada akhir pekan di Mugello karena tersingkir di lap pembuka.

Presiden HRC, Yoshishige Nomura mengatakan, Hari ini adalah hari yang menyedihkan baginya. Atas nama HRC, pihaknya ingin berterima kasih kepada Dani atas semua kerja keras dan suksesnya, dan mengucapkan terima kasih kami selama dua dekade ini.

“Kami juga mendoakan yang terbaik untuknya. Terima kasih, Dani,” ungkapnya.

Repsol Honda telah lama menjajaki alternatif untuk Pedrosa, dengan Johann Zarco, Andrea Dovizioso dan Joan Mir (pembalap Moto2) yang masuk sebagai kandidat.

Tetapi dengan Zarco memilih ke KTM, Dovizioso perpanjang kontrak di Ducati dan Mir akan melangkah Suzuki, saat ini tidak ada favorit untuk menjadi mitra Marquez.

Pembalap LCR yang dikontrak oleh pabrik, Cal Crutchlow, telah mengisyaratkan ketertarikan, sementara Jack Miller dari Pramac Ducati dan juara World Superbikes Jonathan Rea juga beberapa kali disebutkan.

Baca Juga  Honda Umumkan Jorge Lorenzo Jadi Rekan Marquez di 2019-2020

Namun sosok Jorge Lorenzo, yang memenangi balapan pertamanya dengan Ducati di Mugello, bisa menjadi kemungkinan meski ada rumor dia akan kembali ke Yamaha.

Komentar

Berita Terbaru