oleh

Implementasi Rujukan Online, BPJS Kesehatan Langsa Lakukan Koordinasi Lanjutan

PENANEGERI, Langsa – BPJS Kesehatan Cabang Langsa melakukan pertemuan koordinasi lebih lanjut tentang implementasi rujukan online pada Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) se Kota Langsa, Jumat (21/9) di Aula Dinas Kesehatan Kota Langsa.

Pertemuan yang dihadiri sebanyak 27 orang peserta ini terdiri dari Kepala Dinas Kesehatan Kota Langsa, Direktur RSUD Langsa, Kabid Pelayanan, Wadir Keuangan Umum/Kepala Tata Usaha, Ketua Komite Medik, Ketua Tim Anti Fraud, Ketua Tim Kendali Mutu Kendali Biaya (TKMKB) serta Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Langsa, dr Herman, dalam sambutannya mengungkapkan, bahwa untuk menyukseskan rujukan online ini, rumah sakit swasta harus memiliki SDM, sarana serta prasarana tersendiri dan bukan merupakan PNS dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Hal yang sama juga disampaikan Ketua TKMKB, Fathul Jannah. Dijelaskannya, rujukan online ini sudah berjalan kurang lebih selama 1 bulan tetapi pasien masih menumpuk di RSUD, mungkin salah satu faktor yang menyebabkan penumpukan pasien ini karena keterbatasan dokter yang bertugas di rumah sakit swasta atau bisa jadi karena rujukan yang dikeluarkan di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) belum dimaksimalkan sesuai aturan yang sudah berlaku.

Baca Juga  BPJS Kesehatan Langsa Gunakan Baju Pengingat Iuran

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Langsa, Nur Eva Parindury mengatakan, bahwa rumah sakit tipe C/tipe D harus mempersiapkan diri baik dari segi SDM, sarana maupun prasarana dalam mengimplementasikan rujukan online ini.

Manajemen rumah sakit harus mulai menata ulang jadwal praktek dokter yang bertugas, agar meminimalisir keluhan peserta terkait tidak tersedianya dokter setelah dirujuk, mengingat tipe C dan tipe D merupakan target rujukan dari FKTP serta diharapkan dengan berjalan lancarnya rujukan online juga dapat menunjang pelaksanaan e-claim untuk dilaksanakan segera mungkin,” pungkasnya.

Komentar

Berita Terbaru