oleh

Ini 32 Peserta Piala Dunia 2018 Beserta Pembagian Potnya

PENANEGERI, Sepakbola – FIFA telah mengkonfirmasi pembagian pot untuk undian grup Piala Dunia pada bulan depan setelah Peru mengalahkan Selandia Baru untuk melengkapi 32 tim yang mencapai putaran final di Rusia.

Negara benua Amerika Selatan itu memenangkan pertandingan leg kedua play-off dengan skor 2-0 di Lima dan akan berada di Pot 2 saat undian dilakukan di Istana Kremlin di Moskow pada 1 Desember mendatang.

Rusia yang menjadi tuan rumah bergabung dengan sang juara bertahan Jerman, duo raksasa Amerika Selatan seperti Brasil dan Argentina, Prancis, Portugal, serta dua tim kuda hitam seperti Belgia dan Polandia di Pot 1.

Bersama Peru, Pot 2 akan diisi oleh Spanyol yang menjadi juara di tahun 2010, Inggris yang menjadi juara tahun 1966, bersama dengan Swiss, Kolombia, Meksiko, Uruguay dan Kroasia.

Pot 3 diisi Islandia yang menjadi tim debutan, Kosta Rika yang mencapai prempat final 2014 serta Denmark, Swedia, Tunisia, Mesir, Senegal dan Iran.

Di pot terakhir piala dunia 2018, Serbia dan Nigeria akan berbagi tempat dengan Australia, Jepang, Maroko, Panama, Korea Selatan dan Arab Saudi.

Melihat persebaran tim di Pot 3 dan 4 mungkin mengurangi prospek adanya “grup neraka”, meskipun kehadiran Spanyol dan Inggris di Pot 2 bisa meningkatkan prospek pertandingan antara beberapa negara yang jadi langganan kompetisi ini.

Inggris yang menjadi salah satu favorit pada edisi 2018 mendatang, memiliki peluang dipertemukan kembali dengan Islandia, yang menyingkirkan The Three Lions dari babak 16 besar di Euro 2016.

Kroasia dapat ditempatkan dalam sebuah grup bersama tetangga mereka yaitu Serbia, sementara Uruguay dapat bertemu dengan negara dari sesama zona Conmebol seperti Brasil atau Argentina.

Pembagian Pot

Pot 1, Rusia, Jerman, Brasil, Portugal, Argentina, Belgia, Polandia, Prancis.

Pot 2, Spanyol, Peru, Swiss, Inggris, Kolombia, Meksiko, Uruguay, Kroasia.

Pot 3, Denmark, Islandia, Kosta Rika, Swedia, Tunisia, Mesir, Senegal, Iran.

Pot 4, Serbia, Nigeria, Australia, Jepang, Maroko, Panama, Korea Selatan, Arab Saudi.

Komentar

Berita Terbaru