oleh

Ini Khasiat Apel Dan Tomat Untuk Mantan Perokok

PENANEGERI, Kesehatan – Seperti yang kita tahu bahwa perokok memiliki paru-paru yang sangat kotor karena konsumsi nicotine dalam rokoknya. Sehingga bagi para perokok yang sudah berhenti sekali pun, paru-parunya tidak lantas bersih seperti orang non perokok lainnya. Namun tentunya bukan berarti berhenti merokok itu sia-sia.

Beberapa penelitian atau riset baru telah menemukan dua makanan yang sangat penting bagi mantan perokok untuk memulihkan paru-parunya. Makanan tersebut adalah buah apel dan tomat yang mana bisa membantu memperbaiki rusaknya paru-paru akibat bekas rokok.

Keuntungan Membersihkan Paru-paru dengan Apel dan Tomat

Mudah Ditemukan

Salah satu hal menguntungkan jika mengkonsumsi apel dan tomat bagi para perokok yaitu makanan ini sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Selain mudah ditemukan, harganya terjangkau juga pastinya sangat baik jika dibandingkan dengan fungsinya. Sehingga bagi para mantan perokok aktif akan sangat disarankan makan dua buah kaya manfaat ini.

Memperlambat Penurunan Fungsi Paru-paru

Buah Apel dan Tomat ini seperti yang telah dibuktikan dari penelitian yang dilakukan oleh Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, ternyata bisa memperlambat penurunan fungsi paru-paru. Penelitian ini tentunya termasuk dapat dipercaya karena menggunakan responden sebanyak 650 orang dewasa Inggris dan Eropa selama satu dekade.

Dengan demikian, penurunan fungsi paru-paru yang tercemar oleh asap rokok akan menjadi akan melambat selama kurang lebih sepuluh tahun bagi orang yang makan dua buah tomat atau tiga buah apel setiap hari. Temuan ini juga secara ilmiah telah dimuat dalam Journal of the Respiratory.

Tanpa Perlu Diolah

Apel dan tomat dengan fungsinya yang luar biasa bagi para mantan perokok aktif ini rupanya tak perlu repot diolah macam-macam. Hal ini disebabkan karena tomat dan apel yang dikonsumsi untuk membersihkan paru-paru justru yang segar.

Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi apel dan tomat akan lebih baik jika kondisinya segar tanpa diolah macam-macam. Sehingga dengan kandungannya yang utuh ini secara perlahan paru-paru pun kondisinya akan semakin baik.

Mencegah Penuaan Dini

Bahkan selain apel dan tomat bisa membersihkan dan memperbaiki paru-paru yang rusak juga bisa menjadi makanan yang bisa mencegah penuaan dini. Hal ini dikarenakan menurut Vanessa Garcia-Larsen, seorang asisten profesor kesehatan internasional mengatakan bahwa apel dan tomat merupakan makanan yang kaya dan dapat memperlambat proses penuaan alami paru-paru bahkan jika Anda belum pernah merokok.

Sehingga dapat dikatakan bahwa penelitian dua buah ini tak hanya menunjukkan sebab akibat pada para perokok saja. Namun dengan mengkonsumsi rata-rata lebih dari dua tomat atau lebih dari tiga buah apel akan sangat sehat baik untuk paru-paru maupun organ tubuh lainnya.

Walau tentunya dalam faktor penyebab bersihnya paru-paru atau proses penuaan serta degenerasi organ tubuh seseorang dipengaruhi berbagai faktor. Faktor tersebut antara lain pola makan dan asupan nutrisi, usia seseorang, tinggi badan, bahkan jenis kelamin, hingga status sosial ekonomi,  indeks massa tubuh, serta aktivitas fisik.

Faktor-faktor ini tentunya juga menentukan apakah apel dan tomat tersebut bisa efektif membersihkan paru-paru seseorang, terutama mantan perokok atau tidak. Oleh karena itu, selama berhenti merokok asupan nutrisi seseorang dan gaya hidup pastilah harus diperhatikan.

Gaya hidup sehat dan asupan nutrisi yang seimbang akan menjadi titik meningkatnya kesehatan seseorang termasuk di dalamnya proses pembersihan nikotin dari paru-paru.

Demikian beberapa ulasan mengenai tomat dan apel bagi mantan para perokok beserta keuntungannya. Tentunya bagi yang belum merokok akan lebih baik jika tidak merokok. Karena paru-paru yang sudah terkena nikotin pastilah tidak akan sesempurna paru-paru normal sejak awal.

Komentar

Berita Terbaru