oleh

Ini Kuliner Aceh yang Wajib Dicoba

PENANEGERI, Kuliner – Aceh, selain terkenal dengan serambi mekahnya ini juga memiliki daya tarik lain yaitu keberagaman kuliner. Kota yang merupakan kampung halaman Cut Nyak Dien ini mempunyai cita rasa yang unik dan perpaduan dari beberapa budaya yaitu India, Cina, Arab, Siam, Belanda, dan Spayol.

Sementara itu, cita rasa India dan Arab adalah yang paling dominan di kota yang memiliki hak khusus dengan hukum syariat Islam ini.

Ketika memutuskan berlibur atau berkunjung ke suatu daerah, mencicipi kuliner khas dari daerah itu menjadi sesuatu yang dinantikan. Bisa dibayangkan aneka kuliner yang menggugah selera akan menyambut wisatawan yang berada di Aceh. Ciri khas kuliner Aceh adalah kaya akan bumbu rempah sehingga aromanya sulit untuk dilupakan.

Rekomendasi Kuliner yang Wajib Masuk Daftar

Mie Aceh

Siapa yang tidak kenal dengan mie Aceh? Mie ini tidak hanya popular di Aceh saja namun juga di kota-kota di luar Pulau Sumatera. Kelezatannya sudah diakui di berbagai kota di Indonesia. Bahkan kepopuleran mie Aceh ini sudah sampai di dunia internasional.

Kuliner Aceh

Mie Aceh ini mempunyai cita rasa yang unik dengan bumbu rempah yang kuat mirip kari yang pedas dan gurih. Tekstur ini tebal sehingga mengenyangkan.Penyajian mie Aceh biasanya diisi dengan berbagai macam daging atau makanan laut seperti kepiting, cumi, atau jamur. Ada dua jenis penyajian yaitu bias digoreng atau dimasak dengan kuah.

Dalam penyajiannya, mie Aceh biasanya dilengkapi dengan berbagai macam campuran daging atau seafood. Biasa ditawarkan dengan berbagai macam isi seperti kepiting, cumi-cumi, udang atau jamur. Mie Aceh ini tersedia dalam dua jenis, yakni bisa digoreng dan kuah.

Meski berbahan mie, namun menu ini sangat mengenyangkan lho! Tekstur mienya cukup tebal, dan bumbunya cenderung terasa seperti kari yang gurih dan pedas.

Ayam Tangkap

Selain namanya yang unik, kuliner ini memiliki rasa yang juara. Kenapa dinamakan ayam tangkap? Karena ketika menyantap sajian ini, Anda serasa sedang menangkap ayam di antara daun dan cabai hijau. Sajian khas Aceh ini termasuk makanan khas yang hits dan sedang populer.

Kuliner Aceh

Sangat mudah menemukan kuliner ini di Aceh karena hampir semua rumah makan di Aceh menyediakan menu ayam tangkap ini.

Menu ini berupa daging ayam yang dipotong kecil lalu direndam dengan bumbu khas. Selanjutnya ayam yang telah direndam itu digoreng dengan bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, daun temurui, daun pandan, dan cabai hijau. Untuk penyajiannya biasanya bersama dengan nasi hangat dan bumbu kecap.

Sate Matang

Kelezatan sate matang ini sangat terkenal karena karinya yang lezat, bumbu kacang yang gurih, dan keempukan dagingnya. Sangat mudah menemukan sate matang ketika berkunjung di Aceh. Para penjual sate matang banyak berada di hampir setiap sudut jalan.

Kuliner Aceh

Kenapa disebut sate matang? Karena kuliner ini berasal dari kawasan Matang, Kabupaten Bireuen Aceh. Penyajian sate ini cukup unik karena disantap bersama dengan kuah soto yang gurih.

Bu Sie Itek

Namanya memang cukup sulit untuk disebut. Bu Sie Itek ini merupakan nasi gulai bebek dengan kuah kari yang gurih dan bumbu rempah khas Aceh.

Kuliner Aceh

Ada dua macam nasi gulai bebek yang ada di Aceh yaitu bu sie itek meurah dan bu sie itek puteh. Perbedaannya ada pada warna kuahnya. Bu sie itek meurah berwarna merah dengan bumbu cabai merah. Sedangkan puteh seperti opor ayam dan tidak pedas.

Itulah beberapa kuliner lezat khas Aceh yang wajib untuk dicoba, dan Anda dipastikan akan ketagihan setelah mencicipinya.

Komentar

Berita Terbaru