oleh

Ini Lima Hal Usai Final Liga Champions di Kiev

PENANEGERI, Sepakbola – Real Madrid yang dilatih Zinedine Zidane mengamankan mahkota Eropa ke-13 setelah mengorbankan Liverpool di Kiev, dimana hal itu dipastikan oleh gol dari Karim Benzema dan Gareth Bale.

Pertandingan ini berjalan keras sejaka wal kick-off dan tidak ada yang mendominasi, namun ada 5 hal yang menjadi penentu hasil akhir.

Real Madrid lebih dari sekedar Ronaldo

Real Madrid dianggap terlalu bergantung pada Cristiano Ronaldo, tapi di final kali ini, bintang asal Portugal itu jauh dari kata cemerlang.

Salah satunya adalah penampilan Trent Alexander-Arnold untuk menjaga pergerakan si pemain, tapi ternyata Los Blancos punya permainan tim yang luar biasa untuk mengacak-acak pertahanan lawannya.

Tidak ada pengganti Mohamed Salah

Hingga menit ke-29 pertandingan, Liverpool tampil dominan dan tampaknya bisa mengangkat trofi, namun cederanya Mo Salah mempengaruhi cara bermain The Reds.

Pemain asal Mesir itu tampaknya menjadi sosok kunci dari trio Sadio Mane dan Roberto Firmino, apalagi terbukti setelah ditarik dari lapangan, tim ini hanya mengandalkan serangan balik dan kekuatan fisik Mane yang posisinya diubah sebagai striker tengah.

Dua blunder Karius

Loris Karius di awal musim dianggap belum layak untuk mengisi pos penjaga gawang utama Liverpool, namun jelang pertengahan musim dia berhasil tampil konsisten sehingga mendapat kesempatan bermain di final.

Dan pasti yang diingat dari permainannya adalah dua blunder yang membuat Real Madrid mencetak gol pertama dan ketiga. Yang pertama saat salah umpan sehingga dimanfaatkan Benzema, dan yang kedua adalah gagal menepis tembakan keras Gareth Bale.

Zidane dan taktik jenius

Zidane layak dipuji karena memasukkan Gareth Bale tepat waktu dan menjadi penentu pertandingan. Namun legenda Prancis ini juga jeli ketika menahan cara bermain Liverpool di menit awal dan hal itu terbukti dengan perubahan besar dari cara bermain timnya di babak kedua.

Incredi-Bale

Trio BBC kembali disatukan dalam final Liga Champions setelah jarang terlihat dalam dua musim terakhir.

Masa depan Bale sendiri menjadi spekulasi dalam beberapa bulan terakhir karena kurangnya waktu bermain ditambah lagi masalah kebugaran. Namun bintang Wales ini menunjukkan bahwa dia belum habis dan bisa diandalkan kapanpun.

Komentar

Berita Terbaru