oleh

Ini Makanan Penyebab Kanker yang Sebaiknya Dihindari

PENANEGERI, Kesehatan – Saat ini ada begitu banyak jenis dan bahan makanan yang ada di pasaran. Makanan dengan aneka variasi bumbu dan bentuk serta rasa yang enak seringkali bukanlah makanan yang sehat.

Bahkan banyak diantaranya termasuk makanan yang sebaiknya dihindari karena mengandung zat karsinogen berbahaya. Zat karsinogen ini memicu terjadinya kanker pada tubuh seseorang yang mana sangat berbahaya.

Beberapa makanan yang ada di pasaran yang mengandung kanker ini telah diteliti oleh para pakar dan ahli di bidangnya. Salah satunya yaitu kaitan antara antara daging merah dengan kanker kolorektal yang juga berbahaya bagi manusia.

Tentunya, selain daging merah ini masih banyak makanan berbahaya lainnya. Dihimpun dari berbagai sumber ahli kesehatan, berikut bebebrapa makanan yang sebaiknya dihindari karena mengandung karsinogen

Alkohol

Makanan pertama yang wajib dihindari karena memiliki kandungan berbahaya adalah alkohol. Perlu diketahui bahwa penyalahgunaan alkohol ini adalah penyebab utama penyankit berbahaya seperti kanker ini.

Alkohol dikenal sebagai faktor utama yang menyebabkan kanker kerongkongan, mulut, usus besar, hati, rektum dan kanker payudara.

Rokok

Selain alkohol, penyebab kanker berikutnya juga rokok. Rokok ini memiliki kandungan nikotin yang sangat beracun yang memicu timbulnya sel jahat yang bisa menyebabkan kanker.

Zat karsinogen dalam rokok ini tak hanya akan menimpa perokok aktif yang mengkonsumsinya, namun juga perokok pasif yang ada di sekitarnya sehingga amat berbahaya.

Daging Merah

Sudah disinggung sebelumnya bahwa daging merah merupakan penyebab kanker. Hal ini dikarenakan daging merah serta daging olahan biasanya sudah dicampur bahan kimia dan bahan pengawet agar lebih bertahan lama, di mana salah satu zat yang digunakan yaitu natrium nitrat merupakan penyebab kanker atau zat karsinogen berbahaya. Untuk mencari daging merah yang sehat, haruslah yang organik atau bebas hormon.

Makanan Tinggi Asam Lemak Jenuh

Makanan yang mengandung asam lemak jenuh juga memicu kanker Karen kandungannya tersebut. Perlu diketahui bahwa seorang wanita setelah menopause yang mengkonsumsi lemak jenuh tinggi memiliki resiko terkena kanker payudara lebih besar yaitu sekitar 30 persen dari wanita yang tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh ini.

Lemak jenuh atau asam lemak berbahaya yang satu ini bisanya terdapat pada daging olahan, keju, daging berlemak, dan aneka makanan yang banyak mengandung mentega.

Minyak Terhidrogenasi

Penyebab kanker berikutnya yaitu minyak yang terhidrogenasi yang mana biasanya berguna untuk membuat makanan menjadi lebih awet. Namun perlu diketahui bahwa minyak yang satu ini memiliki kanusngan selaput yang penuh zat karsinogen berbahaya pemicu kanker.

Gula halus

Makanan yang mengandung karsinogen berbahaya lainnya yaitu gula. Hal ini dikarenakan sel kanker atau tumor biasanya memberi makan dirinya sendiri dengan gula agar tumbuh.

Contoh gula berbahaya yang bisa menjadi tempat sel kanker berkembang biak adalah pemanis kaya fruktosa seperti sirup jagung fruktosa tinggi.

Tomat Kalengan

Penyebab kanker berikutnya yaitu tomat kalengan. Hal ini dikarenakan semua makanan kalengan pasti mengandung bahan kimia yang disebut bisphenol-A atau BPA. Karena itu sebaiknya untuk mengkonsumsi tomat adalah tomat segar dan bukan kalengan.

Karena paparan kecil terhadap BPA bisa meningkatkan risiko kanker payudara, kanker prostat, bahkan kemandulan atau infertilitas, pubertas dini, hingga gangguan metabolisme dan penyakit gula atau diabetes tipe 2.

Roti

Penyebab kanker yang harus dihindari berikutnya yaitu roti di supermarket yang biasanya sudah tercampur dengan potassium bromate.

Demikian beberapa makanan yang sebaiknya dihindari karena memiliki kandungan yang berbahaya. Makanan yang baik dan sehat yakni mengandung zat empat sehat lima sempurna dari bahan organik atau pilihan.

Komentar

Berita Terbaru