oleh

Jet Militer Suriah Ditembak Jatuh di utara Provinsi Hama

PENANEGERI, Internasional- Sebuah pesawat jet militer Suriah ditembak jatuh oleh gerilyawan pemberontak yang menewaskan pilot pesawat jet tempur tersebut, demikian menurut laporan televisi pemerintah di negara Suriah tersebut.

Kantor berita SANA yang dikelola negara Suriah mengutip sebuah sumber yang mengatakan bahwa Pesawat tersebut, yang diidentifikasi sebagai pelatih jet L-39 Albatros, ditembak jatuh oleh senjata senapan mesin anti-pesawat milik gerilyawan pemberontak, demikian seorang sumber di dalam oposisi Suriah mengatakan kepada kantor berita Al-Masdar News, Selasa (26/12)

Pesawat tersebut jatuh di atas provinsi Hama utara, di mana telah terjadi serangan udara yang hebat oleh pasukan udara Rusia dan Suriah dalam perang saudara di negara tersebut.

Beberapa sumber di media sosial telah mengidentifikasi pilot tersebut tewas pada hari Selasa (26/12) sebagai Kapten Bassem Ghosn dari Homs.

Tidak segera diketahui kelompok militan mana yang bertanggung jawab atas serangan tersebut, namun yang disebut Free Idlib Army, sebuah cabang dari Tentara Suriah Bebas (Free Syrian Army), mengaku bertanggung jawab dalam sebuah pernytaan di media sosial dan sebuah pernyataan ke kantor berita Anadolu Turki,.

Baca Juga  Sekjen PBB Serukan Hentikan Pertempuran di Suriah barat daya

Kantor Berita Reuters juga melaporkan bahwa kelompok Tahrir al-Sham, juga mengaku bertanggung jawab.

Sebuah video kemudian muncul, konon menunjukkan mayat pilot pesawat terbang terbaring di belakang truk, dengan darah di lehernya. Rekaman tersebut tampaknya menunjukkan mayat pilot yang dikelilingi oleh sekelompok pria bersenjata, yang digambarkan di saluran Telegram Direktorat 4 sebagai anggota Jaysh al-Nukhba, sebuah kelompok militan yang tinggal di Idlib dan Hama.

Identitas pilot belum dikonfirmasi secara resmi, namun Direktorat 4, yang memantau aktivitas pemberontak di Suriah, menamai pilot yang dibunuh sebagai Basim Hasan, penduduk asli kota Homs.

Pilot kedua mungkin juga berada di pesawat terbang, meski nasibnya masih belum diketahui, lapor Kantor Berita Reuters.

Rekaman gambar yang belum dikonfirmasi dari tempat kejadian menunjukkan seorang pria menembaki senjata yang digerakkan roket ke langit saat senapan mesin terdengar di latar belakang. Sebuah ledakan terang yang terang terlihat tinggi di atas, dan kemudian asap membumbung tinggi dari sebidang tanah di kejauhan. (*)

Komentar

Berita Terbaru