oleh

Jet Tempur Sukhoi Rusia Ditembak Jatuh di Idlib Suriah

PENANEGERI, Internasional – Pemberontak Suriah telah menembak jatuh sebuah pesawat tempur Rusia, Sukhoi, di provinsi Idlib barat laut pada hari Sabtu (3/2), kementerian pertahanan Rusia telah mengkonfirmasi peristiwa ini. Sang Pilot  Sukhoi tersebut kabarnya sempat melontarkan dirinya dari jet tersebut namun kemudian dia terbunuh di darat dalam pertempuran.

Pilot pesawat Sukhoi tersebut seseorang berusia 25, dilaporkan menggunakan kursi lontar setelah pesawatnya ditembak rudal pertahanan udara portabel (man-carried portable air defence missile).

Pilot tersebut dilaporkan kemudian ditewaskan saat pemberontak mencoba menangkapnya.

“Pilot tersebut berhasil melaporkan pengusiran di daerah yang dikuasai oleh militan Jabhat al-Nusra, namun kemudian dia meninggal dalam pertempuran dengan para teroris,” demikian sebuah pernyataan dari menteri pertahanan Rusia mengatakan, seperti dikutip kantor berita Al Jazeera.

Penembakan pesawat ini dilaporkan telah diklaim oleh  pihak Hay’et Tahrir al-Sham, yang biasa dikenal dengan nama Tahrir al-Sham.

Sebuah video yang beredar di media sosial menunjukkan mayat dari apa yang konon merupakan pilot pesawat yang jatuh.

Baca Juga  Turki Akan Kerahkan Pasukan ke Idlib, Suriah

Video di channel media sosial lainnya menunjukkan kebakaran di lokasi sementara pemberontak menjaga lokasi kecelakaan pesawat.

Tak lama setelah pihak berwenang Rusia mengeluarkan pernyataan ini, pesawat tempur melakukan lebih banyak serangan udara di wilayah di mana pesawat tersebut ditembak jatuh.

Menurut kementerian Rusia tersebut, setidaknya 30 orang tewas dalam pemboman tersebut, demikian kantor berita TASS melaporkan.

Pesawat Rusia tersebut  ditembak jatuh di atas provinsi Idlib, yang merupakan salah satu zona de-eskalasi yang didirikan di Suriah pada September lalu dalam upaya untuk mengurangi konflik tersebut.

Namun, pemboman dari pasukan pemerintah Suriah dan sekutu Rusia mereka dilaporkan terus berlanjut.

Rumah sakit, pasar dan toko roti di seluruh provinsi Idlib, yang diyakini merupakan daerah pemberontak terbesar yang tersisa di Suriah, telah terkena serangan udara pemerintah.

Puluhan ribu warga sipil telah meninggalkan daerah tersebut, yang merupakan rumah bagi lebih dari dua juta orang, kebanyakan dari mereka mengungsi. (*)

Simak video yang beredar di media sosial atas jatuhnya pesawat Rusia di Idlib :

Komentar

Berita Terbaru