oleh

Jorge Sampaoli Tinggalkan Timnas Argentina

PENANEGERI, Sepakbola – Jorge Sampaoli telah meninggalkan posisinya sebagai pelatih Argentina setelah kegagalan di Piala Dunia, dimana wakil Amerika Selatan itu tersingkir di babak 16 besar oleh Prancis.

“Asosiasi Sepakbola Argentina dan mantan pelatih tim nasional Jorge Sampaoli hari ini mencapai kesepakatan bersama untuk membatalkan kontraknya,” demikian pernyataan AFA melalui situs resminya, Senin (16/7).

AFA berterima kasih kepada Sampaoli dan para asistennya, yang juga telah meninggalkan posisi mereka.

Keputusan itu berarti bahwa Argentina, juara dunia pada 1978 dan 1986, akan mencari pelatih keempat mereka dalam empat tahun terakhir.

Sampaoli mengambil alih kepelatihan satu tahun lalu dan membawa tim lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia, dan kemudian menjadi penantang trofi tersebut.

Namun, mereka kesulitan dalam fase grup di mana mereka menghadapi Islandia (imbang 1-1) kemudian Kroasia (kalah 3-0) dan Nigeria (menang 2-1) yang membawa mereka ke babak 16 besar, di mana mereka kalah dengan skor 4-3 ditangan Prancis .

Keputusan AFA untuk berpisah dengan Sampaoli sudah ditetapkan meskipun ia memiliki kontrak hingga 2022.

Siapa Pengganti Sampaoli ?

Sampaoli mewarisi skuad yang cukup berumur di bawah federasi sepakbola yang dalam situasi kacau dan tidak pernah tampaknya kesulitan untuk menunjukkan potensi terbesar di La Albiceleste.

Hal itu berarti Argentina – yang telah memiliki tiga pelatih berbeda sejak Alejandro Sabella membawa mereka ke final Piala Dunia 2014 – kembali ke titik awal dalam pencarian untuk gelar internasional pertama sejak memenangkan Copa America pada tahun 1993.

Mauricio Pochettino (pelatih Tottenham Hotspur), Diego Simeone (Atletico Madrid) dan Marcelo Gallardo (River Plate), adalah kandidat pelatih yang disebutkan oleh media lokal sebagai suksesor.

Dua pria asal Argentina lainnya, Jose Pekerman (yang mengelola Kolombia di Piala Dunia tahun ini) dan Ricardo Gareca (yang membawa Peru ke Piala Dunia pertama dalam 36 tahun) juga telah memberi dianggap sebagai calon yang mungkin bersama dengan Jorge Almiron (Atletico Naciona) dan Matias Almeyda yang baru-baru ini hengkang dari Chivas.

Komentar

Berita Terbaru