oleh

Kapal Berbendera Singapura Bawa Muatan 1,6 Ton Sabu Ditangkap

PENANEGERI, Riau – Tim Gabungan Mabes Polri dan Bea Cukai berhasil menyita 81 karung berisi 1,6 ton narkoba jenis sabu (methampetamine), hari  Selasa (20/2), dari salah satu kapal asing berbendera Singapura yang ditangkap di perairan Anambas, Kepulauan Riau.

Kapal berbendera Singapura tersebut berhasil ditangkap di perairan Anambas, Kepulauan Riau, Selasa (20/2). Kapal ini membawa 81 karung yang diperkirakan berisi berisi 1,6 ton sabu.

Empat orang di kapal itu juga berhasil ditangkap, yaitu anak buah kapal termasuk nakhoda, mereka adalah Tan Mai (69), Tan Yi (33), Tan Hui (43), dan Liu Yin Hua (63), yang berkewarganegaraan China.

Kapolda Kepulauan Riau Irjen Pol Didid Widjanardi mengatakan, penangkapan ini berawal dari informasi yang diterima dan ditindaklanjuti dengan koordinasi Tim Gabungan Satgassus Polri, Direktorat IV Tipidnarkoba, Bea Cukai Pusat dan Bea Cukai Batam.

Kapal yang membawa 1,6 ton sabu itupun ditangkap oleh tim gabungan dari Satgassus Polri, Direktorat IV Tipidnarkoba Bareskrim Polri, Bea Cukai Pusat dan Bea Cukai Batam di peraiaran Anambas, Provinsi Kepri, Selasa (20/2).

Baca Juga  Polisi Filipina Tembak Mati Walikota dan Istrinya dalam Razia Narkoba

Narkotika terlarang jenis Sabu (methampetamine) yang disita dikemas di dalam 81 karung yang masing-masing karung berantnya lebih kurang 20 kilogram (kg).

“Tim saat ini masih melakukan pemeriksaan. Barang bukti yang ditemukan lebih kurang 1,6 ton. Sabu itu disimpan di 81 karung. Tim masih melakukan pemeriksaan di kapal tersebut,” kata Kapolda, Selasa sore (20/2).

Awalnya, pada hari Minggu (18/2), tim gabungan berpatroli di Perairan Anambas Kepri karena menerima informasi mengenai titik koordinat kapal yang menjadi target pada lokasi 01.09.227 U atau 103.48.023 T.

Kemudian pada hari Selasa (20/2) sekitar pukul 02.00 WIB, dengan menggunakan Kapal BC Nomor Lambung 7005 petugas kemudian berhasil menangkap satu unit kapal asal Taiwan berbendera Singapura yang tidak dilengkapi dokumen di Perairan Karang Helen Mars berdekatan dengan Karang Banteng.

Kapal itu kemudian diperiksa, pada saat dilakukan penggeledahan ditemukan 81 karung yang diduga berisi narkotika berbahaya  berjenis sabu (methampetamine) dengan rincian setiap karung berisi kurang lebih mencapai 20 kilogram  narkotika berbahaya (narkoba) jenis sabu (methampetamine). (*)

Komentar

Berita Terbaru